Kapal China Ilegal Bawa Alat Berat Melintas di Perairan Sungai Kapuas

Pekanbaru, katakabar.com - Kapal asal Guangzhou, China tanpa dokumen resmi melintas di perairan Sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat. Saat diperiksa, kapal ilegal tersebut berisi empat ABK dan membawa alat berat.

Petugas gabungan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) dan Polair Polda Kalbar awalnya memeriksa kapal untuk mengantisipasi dan mencegah masuknya virus Corona.

"Kapal tersebut membawa alat berat yang berisi empat ABK (anak buah kapal)," kata Dirpolair Polda Kalbar, Kombes (Pol) Benyamin Sapta di Pontianak, Sabtu kemarin.

Dia menjelaskan, kapal yang diperiksa tersebut selain membawa alat berat juga membawa ABK asal China dan setelah dilakukan pemeriksaan, kapal itu juga diduga tidak memiliki dokumen.

"Kapal itu diduga tidak memiliki dokumen dan masuk secara ilegal ke perairan Indonesia, apalagi membawa ABK asal Tiongkok," ungkapnya.

Selain itu, pemeriksaan tersebut juga guna mengantisipasi masuknya virus Corona. "Kami dalam hal itu sudah melakukan pemeriksaan awal terhadap warga Tiongkok tersebut yang hasilnya negatif atau sehat," katanya.

Sementara itu, Gubernur Kalbar, Sutarmidji meminta agar para ABK China tersebut segera diperiksa kesehatannya.

"Segera diisolasi, sehingga jangan sampai membuat warga resah," ujarnya. Dikutip dari Antara.

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait