Kata Bustami HY Ketersedian Bahan Pangan Jelang Idul Fitri Relatif Aman

 

Kata Bustami HY Ketersedian Bahan Pangan Jelang Idul Fitri Relatif Aman

Bengkalis, katakabar.com – Pemerintah Kabupaten Bengkalis bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Bengkalis terus berupaya mengoptimalkan ketersedian bahan pangan menjelang hari raya Idul Fitri Tahun 2020, biar  relatif aman di Kabupaten Bengkalis.

"Pemkab Bengkalis dan Tim TPID Kabupaten Bengkalis terus optimalkan ketersediaan bahan pangan jelang lebaran agar realitif aman," kata Sekretaris Daerah H Bustami HY saat mengikuti diskusi High Level Meeting (HLM) membahas tentang Menjaga Ketahanan Pangan Menjelang Hari Raya Idul Fitri  di tengah pandemi Covid 19, di rumah dinas Sekda Bengkalis, kemarin.

Diskusi lewat telewicara itu dibuka langsung Gubernur Provinsi Riau, sekaligus menjadi Ketua TPID Provinsi Riau, H Syamsuar, dimana rapat atau diskusi diikuti seluruh Kabupaten dan Kota se Provinsi Riau.

TPID  Kabupaten Bengkalis sudah melakukan pemantauan ketersedian barang dan harga di seluruh pasar di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan monitoring dilakukan secara berskala. Alhamdulillah,  diakhir bulan April 2020 lali hasil monitoring sembilan bahan pokok di Kabupaten Bengkalis menjelang idul fitri Tahun ini relatif terkendali,  ketersedian beras blog dan gula blog di Kabupaten Bengkalis, untuk beras tersedia 596 lebih ton di perkirakan sampai 3 Bulan ke depan dan gula putih 20 ton diperkirakan 2 bulan kebdepan,” jelasnya.

Dalam laporan Bustami HY, secara umum ketersedian bahan pokok di Kabupaten Bengkalis untuk bulan ini hampir sama dengan Kabupaten dan Kota lainnya, dimana bawang merah cuma tersedia 19 ton dan bawang putih 29 ton. Andai Juni 2020 nanti tidak ada masuk komoditi, otomatis Kabupaten Bengkalis mengalami kekurangan bawang merah dan bawang putih.

Untuk itu, kita mesti bekerja keras serta berupaya bagaimana distribusi dan ketersedian bahan pokok di Kabupaten Bengkalis terus berjalan aman dan lancar, lebih-lebih saat ini sudah menerapkan PSBB di Kabupaten Bengkalis,” beber Sekda Bengkalis kepada Sekda Provinsi Riau.

Sekda Provinsi Riau Yan Prana Jaya meminta kepada Sekda Bengkalis terus memantau harga bahan pokok di Kabupaten Bengkalis, seperti harga gula, bawang dan cabai.

Kepada Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Bengkalis untuk terus update melapor data kepada TPID Provinsi Riau terkait dengan ketersedian sembilan bahan pokok di Kabupaten Bengkalis, imbaunya.

 
 
 
Editor : Sahdan

Berita Terkait