Kejaksaan Negeri Pasir Pangaraian Menuju WBK-WBBM

Pasir Pengaraian, katakabar.com - Kejaksaan Negeri Pasir Pengaraian berupaya membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Lantas, apa saja yang dilakukan untuk menuju salah satu program kerja Korps Adhyaksa tersebut. katakabar.com berkesempatan bincang dengan  Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Pasir Pengaraian Ivan Damanik SH MH.

Inovasi apa yang dibangun Kejari dalam mendukung Zona Integritas menuju WBK-WBBM?

Ada banyak program yang berusaha kami kembangkan, mulai dari sistem manajemen pelayanan terintegrasi kejaksaan lewat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Pelayanan berbasis IT/e-office yang memudahkan akses masyarakat untuk menjamin transparansi dan akuntabilitas publik.

Diantaranya melalui layanan, jendela informasi, jaksa menjawab, case managemen system, sistem informasi kepegawaian, e-register pidana umum, e-register pidana khusus, aplikasi inteligen map dan pengantar barang bukti tilang lewat aplikasi papajek.

Kemudian ada penyediaan lain, fasilitas pelayanan kepada masyarakat seperti, ruang tunggu yang nyaman, smoking area, pasilitas parkir kenderaan bermotor yang memadai dan CCTV.

Ada berapa titik yang di ubah?

Untuk pelayanan, misalkan titik pelayanan yang semula belum terintegrasi menjadi pelayanan satu pintu. Kemudian ada titik pelayanan dan sistem informasi pendukung tugas pokok dan fungsi yang berubah menjadi berbasis IT/e-office.

Titik sarana prasarana pelayanan terhadap masyarakat menjadi lebih baik, nyaman dan representatif. Selanjutnya, untuk perubahan minsed dalam budaya kerja yang menjadi pelan penting bagi masyarakat lebih baik, humanis, cepat dan profesional.

Implikasi apa yang didapat pengunjung?

Dari sekarang, kepada masyarakat ketika berkunjung atau memiliki urusan di kejaksaan bakal mendapat pelayanan yang lebih cepat, baik, terintegrasi serta mendapat kenyamanan lewat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Bentuk kemudahannya yaitu transparansi informasi publik kepada masyarakat lewat e-office tadi. Baik itu website dan social media Kejari Rokan Hulu. Itulah yang juga kita rubah demi percepatan pelayanan oleh petugas Kejari Rohul dengan minsed baru, melayani masyarakat sepenuh hati, profesional, humanis dan profesional dan transparan.

Editor : Anggi

Berita Terkait