Kekurangan, Pemko Pekanbaru Akan Tambah Nakes Khusus Covid-19

Pekanbaru, katakabar.com - Seiring dengan terus bertambahnya pasien yang terkonfirmasi Covid-19, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru setakat ini justru kekurangan tenaga kesehatan dalam menangani penambahan itu. Untuk itu, Pemko Pekanbaru rencanakan akan menambah jumlah nakes tersebut.
 
Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT menjelaskan guna memenuhi tenaga kesehatan guna percepatan menangani pasien positif covid-19, maka pihaknya akan kembali merekrut tenaga kesehatan secara kontrak. Nakes tersebut diantaranya adalah dokter spesialis, dokter umum, perawat, dan tim analis. 
 
"Untuk jumlahnya saat ini kita masih melakukan pembahasan dan penghitungan nakes yang dibutuhkan sesuai dengan fasilitas yang ada," terangnya, Rabu (09/9).
 
Meski begitu, Ia berharap pekan depan perekrutan nakes tersebut sudah terealisasi.
 
Bukan hanya lantaran terus bertambahnya kasus baru di Pekanbaru, penambahan ini juga seiring dengan akan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM). 
 
Selain itu juga, Pemko Pekanbaru juga akan segera merealisasikan pengadaan laboratorium biomolekuler. Sementara, saat ini perlengkapan seperti alat masih dalam proses pembelian.
 
"Kemungkinan pekan depan sudah ada di Pekanbaru dan bisa langsung digunakan untuk memeriksa hasil test swab yang berasal dari Pekanbaru. Sebab bila menunggu hasil pemeriksaan laboratorium biomolekuler milik Pemerintah Provinsi akan memakan waktu hingga 3 hari karena over kapasitas. Karena lab milik provinsi hanya berkapasitas 1.500 per hari, sementara sampel sudah menumpuk," jelasnya.
Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait