Bantu Guru Taja Pembelajaran Jarak jauh

Kemendikbud Luncurkan Guru Berbagi

Jakarta, katakabar.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia meluncurkan Program Guru Berbagi untuk membantu guru melaksanakan pembelajaran dalam jaringan (daring) sistim jarak jauh di masa darurat Coronavirus Disease (Covid-19).

Lewat laman guruberbagi.kemdikbud.go.id, guru dan penggerak pendidikan bisa saling berbagi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan inspirasi praktik baik pendidikan, khususnya pendidikan jarak jauh saat dianjurkan untuk belajar dan mengajar dari rumah, begitu dilansir dari Situs Resmi Kemendikbud RI.

“Laman ini bisa menjadi ruang bagi guru untuk saling berbagi semangat positif dan strategi pembelajaran yang kreatif, sehingga guru tetap dapat melakukan proses pembelajaran yang berkualitas dan menyenangkan sembari membantu sesama yang masih beradaptasi dalam situasi yang tidak mudah ini,” ujar Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Plt. Dirjen GTK), Supriano di Jakarta, di penghujung Maret 2020 lalu.

Kata Supriano, laman ini hadir sebagai ruang berbagi ide dan praktik baik yang akan menunjang pembelajaran selama belajar dari rumah (learning from home) atau selama masa darurat, tukasnya.

Staf Khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Bidang Pembelajaran, Iwan Syahril menjelaskan, laman Guru Berbagi dihadirkan untuk menunjang belajar dari rumah, baik secara daring atau koresponden ataupun dalam bentuk lainnya dengan berbagi RPP yang terbaik.

Hal ini bisa mendorong ide kreatif dalam proses pembelajaran oleh guru selama kebijakan belajar dari rumah berlangsung. Laman ini dapat menyediakan ruang bagi para guru untuk saling berbagi RPP.

“Dengan kondisi pandemi Covid-19 ini, kita butuh imajinasi baru agar pembelajaran dapat tetap terjadi. Kita butuh inovasi-inovasi,” sebut Iwan.

Editor : Sahdan

Berita Terkait