Kemenperin RI Pacu Kualitas Perajin IKM Nasional

  • Reporter:
  • 03 Desember 2019, 16:42:51 WIB
  • Ekonomi

Jakarta, katakabar.com - Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, makin gencar memacu kualitas perajin di sektor industri kecil dan menengah (IKM) agar semakin memperkaya kreativitas dan ide dalam berkarya. Usaha strategis ini dapat dipercaya mampu mendongkrak daya saing IKM nasional hingga kancah global.

“Sektor industri, kalau mau terus berkembang dengan lebih kompetitif, itu perlu meningkatkan kemampuan sumber daya manusia. Nantinya menjadikan atau menghasilkan sebuah produk unggulan industri Indonesia,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA), Gati Wibawaningsih lewat siaran pers di lansir dari Situs resmi Kemenperin RI di pembukaan Pameran Nuansa Tanpa Batas di Jakarta, pada Senin (2/12) kemarin.

Dirjen IKMA mengapresiasi Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) yang menggelar pameran ini. Ajang ini sebagai sarana memperkenalkan ragam produk industri binaannya tapi, menjadi jembatan memperbanyak jaringan bisnis dan memperluas akses pasar pelaku usahanya.

“IPEMI punya cabang di seluruh Indonesia, bisa membuka peluang pasar yang luas sehingga dapat memberikan wawasan bagi para pelaku usaha lainnya. IKM pu. semakin mandiri, tangguh dan sejahtera", ujarnya.

Menurutnya, usaha dari pemerintah mendorong perekonomian nasional salah satu, dengan menggenjot kinerja industri seperti, sektor IKM.

Total IKM di dalam negeri sudah melampaui 4,4 Juta unit usaha atau mencapai 99 persen dari seluruh unit usaha industri  yang ada di Tanah Air.

Sektor industri mikro, kecil dan menengah sudah menyerap hingga 10,5 Juta tenaga kerja, berkontribusi 65 persen dari sektor industri secara keseluruhan. 

IKM berperan penting menjadi motor penggerak utama perekonomian nasional.  

“Sektor ini ditunjang kekayaan alam dan budaya, tapi, perlu di topang dengan keterampilan dari para perajin IKM di seluruh wilayah Nusantara, mulai dari sektor fesyen, kerajinan hingga makanan dan minuman, yang menjadi potensi selama ini".

Pihaknya optimistis produk industri nasional tidak kalah bersaing dengan produk impor. Itu sebabnya, Kemenperin memacu kinerja sektor IKM yang berorientasi ekspor sehingga dapat berperan memperbaiki defisit neraca perdagangan, tandasnya

Editor : Sahdan

Berita Terkait