Kerumunan Depan Kantor BNI Sudirman Duri, Manajemen 'Abaikan' Prokes Covid 19

Duri, katakabar.com - Seratusan warga yang mau ambil bantuan dari pemerintah berkerumun, tak menjaga jarak, dan berdesak-desakan, bahkan sejumlah warga terlihat ada yang tak pakai masker di depan pintu masuk ke Kantor Cabang Bank Negara Indonesia (BNI) yang berada di bilangan Jalan Jenderal Sudirman Duri, persisnya di depan kantor Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis dinilai abaikan protokol kesehatan Covid 19, pada Senin (12/4) sekitar pukul 09.50 WIB, tadi pagi.

Pihak manajemen BNI terkesan kurang peduli dengan protokol kesehatan Covid 19, sebab dari pengamatan wartawan di Kantor Cabang BNI tersebut, tidak ada upaya manajemen untuk mengingatkan dan mengatur antrean agar warga tidak berkerumun, tetap jaga jarak dan mengajurkan warga agar pakai masker.

Peristiwa kerumunan, tak jaga jarak, dan sejumlah warga yang mau ambil bantuan dari pemerintah masih ada tak memakai masker di Kantor Cabang BNI Duri, Kabupaten Bengkalis bertolak belakang dengan upaya keras pemerintah dalam rangka memutus mata rantai virus Covid 19.

Peristiwa kerumunan tersebut sontak menimbulkan spekulasi dan memunculkan pertanyaan di ranah publik. Apakah BNI lantaran perusahaan plat merah di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) boleh melanggar Prokes Covid 19?

Apakah Satgas Covid 19 tidak melihat kerumunan di depan pintu masuk Kantor Cabang BNI Duri? Padahal peristiwa kerumunan persis di depan kantor Kecamatan Mandau.

Lagi-lagi, peristiwa kerumunan tersebut menimbulkan pertanyaan terkait kinerja Satgas Covid 19, selama ini sering menggelar razia masker di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, persis di depan kantor Kecamatan Mandau.

Saat Satgas Covid 19 gelar razia, begitu melihat warga yang melintas, baik yang mengenderai sepeda motor dan mobil tak memakai masker langsung distop dan diberikan sanksi lantaran dinilai melanggar Prokes Covid 19.

Sebelumnya, beberapa bulan lalu warga yang mau ambil bantuan berkerumun dan tak jaga jarak di depan pintu masuk ke kantor BNI yang berada di kawasan Jalan Hang Tuah.

'Diduga pihak manajemen BNI Duri notabene perusahaan plat meray telah beberapa kali abaikan dan langgar Prokes Covid 19. Peristiwa itu terus berulang saat momen dan jadwal warga mau mengambil bantuan dari pemerintah di kantor BNI di Duri, Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis."

Tokoh masyarakat Kecamatan Mandau, Refri Amran Daud mengatakan, manajemen Kantor Cabang BNI yang berkantor di Jalan Jenderal Sudirman Duri, persis depan kantor Kecamatan Mandau tidak pernah memberitahukan kegiatan bentuk apa pun kepada tokoh masyarakat, dan RT tempat berdomisilinya.

"Sangat disayangkan terjadinya kerumunan, tak jaga jarak, bahkan ada sejumlah warga yang tak memakai masker saat mengambil bantuan dari pemerintah di BNI," tegas kantan Ketua RT ini.

Kata Refri, pihak manajemen Kantor Cabang BNI mestinya komunikasi dan berkoordinasi dengan tokoh masyarakat, dan Ketua RT setempat sebelum melaksanakan kegiatan. Apalagi berkaitan dengan masyarakat dan kerumunan di tengah pandemi Covid 19 sekarang ini.

"Masyarakat yang berada di sekitar Kantor Cabang BNI Jalan Jenderal Sudirman Duri tidak secara langsung telah menjadi sekurity, dan menjaga keamanan Kantor Cabang BNI Duri."

Untuk itu, kita berharap pihak manajemen Kantor Cabang BNI Duri ke depan lebih menerapkan Prokes Covid 19 dan lebih intens berkomunikasi dengan masyarakat sekitar, terutama tokoh masyarakat, dan Ketua RT setempat biar silaturahmi dan rasa kekeluargaan terjalin dengan baik, imbuhnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait