Ketua DPRD Siak Minta Kementerian Sanksi Perusahaan Jika Lahannya Terbakar

  • Reporter: Sahril
  • 14 Mei 2020, 20:18:57 WIB
  • Riau, Lingkungan, Nusantara, Kabar Khusus

SIAK, katakabar.com - Ketua DPRD Siak Azmi minta perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Siak peduli kepada areal sekitar hak guna usaha (HGU) dengan terlibat dalam pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Terkhusus itu ke HGU masing-masing. Jaga lah jangan sempat kebakaran," kata Azmi saat bincang-bincang dengan katakabar.com, di Siak, Jumat (14/5).

Sebab menurut Azmi, kedatangan Panglima TNI dan Kapolri belum lama ini, sebagai tanda bahwa pemerintah pusat terus memantau kasus Karhutla di Riau.

"Jadi, semua eleman harus ikut peduli dengan kasus Karhutla ini. Pusat saja fokus dengan ini. Mestinya kita harus lebih fokus," ujarnya.

Maka itu politisi Golkar ini meminta kepada pemilik lahan, terkhusus pemilik konsesi/HGU agar menjalankan himbauan Riau bebas Karhutla. 

Salah satunya himbauan itu kata Azmi perusahaan harus membikin embung dan membuat menara api sesuai dengan ketentuannya.

"Jika perusahaan di Siak tak peduli dengan himbauan itu, saya pastikan DPRD Siak akan berikap tegas, meminta Kementerian mencabut izin lahan perusahaan yang bandel. Atau menjadikan lahan itu sebagai lahan Tora diberikan kepada masyarakat," tegas Azmi.

Editor : Sahril

Berita Terkait