Kompol Arvin Bersama Satgas Karhutla "Berjibaku" Padamkan Titik Api

Mandau, katakabar.com - Matahari baru Dua Puluh Derajat merangkak naik dari sebelah Timur, masyarakat di daerah "Mutiara Hitam" nama lain dari Duri baru mulai melaksanakan aktivitas sebab, jarum Arloji Tangan menunjukkan pukul 08.00 WIB di Pekan ke Dua Bulan Desember 2019.

Kapolsek Mandau bersama Satgas Karhutla sudah berjibaku memadamkan titik api yang menghajar dan menghanguskan kawasan hutan agar tak meluas ke kawasan hutan lainnya yang belum terbakar.

Sebelum upaya pemadaman titik api dilakukan, Satgas Karhutla yang dipimpin Kapolsek Mandau, Kompol Arvin Hariyadi melaksanakan apel gabungan untuk kesiapsiagaan penanggulangan Karhutla.

Dalam giat apel gabungan tampak, Sekcam Mandau, Muhammad Rusdy, S Stp M Si, Peltu Jefri Dian mewakili Danramil Mandau, Ari Sudarmono mewakili Camat Bathin Solapan, Personil gabungan Polsek Mandau, Personil BKO Sat Sabhara Polres Bengkalis, Manggala Agni, Security PT CPI,  Senkom, BPBD Kab. Bengkalis, Damkar Kecamatan Mandau, MPA, Lurah dan Kades Mandau dan Bathin Solapan beserta perwakilan perusahaan.

Tapi tunggu dulu, Kapolsek Mandau bersama Satgas Karhutla berjibaku memadamkan titik api itu dalam rangka simulasi dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan.

Kapolsek Mandau, Kompol Arvin Hariyadi SIK mungucapkan terima kasih atas kehadiran Forkopimka Mandau dan Bathin Solapan dalam apel gabungan dan simulasi penanggulangan Karhutla Polsek Mandau, Polres Bengkalis.

"Apel gabungan untuk kesiapan kita bersama dalam antisipasi dan penanggulangan Karhutla di wilayah Kecamatan Mandau dan Kecamatan Bathin Solapan", ujarnya dalam sambutannya.

Kata Kompol Arvin, kesiapsiagaan kita bersama merupakan langkah awal dalam mengurangi bencana Karhutla di wilayah kita. Bersama kita tingkatkan koordinasi antar intansi, perusahaan dan masyarakat untuk menanggulangi bencana Karhutla, imbuhnya.

Peltu Jefri mewakili Danramil 04 Mandau sampaikan, permintaan maaf dari Danramil 04 Mandau tidak dapat hadir dalam kegiatan ini.

"Perlu oeningkatan koordinasi agar dapat secara bersama - sama menanggulangi Karhutla di wilayah Kecamatan Mandau dan Kecamatan Bathin Solapan", katanya singkat.

Dalam pada itu, Sekcam Mandau,  Muhammad Rusdy mewakili Camat Mandau mengatakan, Pemerintahan Kabupaten Bengkalis telah meningkatkan BPBD Kabupaten Bengkalis sebagai bentuk upaya penanggungan Karhutla.

"Karhutla merupkan tanggung jawab kita bersama dari tingkat masyarakat hingga pemerintahan perlu koordinasi bersama", ujarnya.

Sekedar diketahui, rangkaian kegiatan simulasi mulai piket Reskrim dan Intelkam memperoleh informasi dari masyarakat tentang adanya Karhutla di satu wilayah. 

Piket Reskrim dan Piket Intelkam melakukan cek lokasi. Setelah memastikan informasi melaporkan kepada Tim Siaga Karhutla.

Tim gabungan Karhutla dari Polri, TNI, BPBD, Manggala Agni dan MPA secara bersama - sama turun ke lokasi.

Pemadaman api dilakukan Tim Penanggulangan Karhutla dengan menggunakan Mesin Pompa Air. Setelah api padam, piket Reskrim melakukan olah TKP dan pemasangan Police Line di lokasi TKP.

Kegiatan ditutup, deklarasi bersama Upika Kecamatan Mandau dan Kecamatan Bathin Solapan dan peserta apel gabungan.

 

 

Editor : Sahdan

Berita Terkait