Kondisi Pandemi, Mahasiswa KKN IPB Luncurkan 'Aku Bersih' di Tualang

Siak, katakabar.com - Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) yang dilakukan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) di Kabupaten Siak, Riau telah usai. Tak kurang dari 60 hari mahasiswa IPB melakukan KKN di dua kecamatan di daerah tersebut.

"Hari ini selesainya. Dua kampung yang menjadi lokasi KKN mahasiswa kita di Siak, di Kampung Koto Ringin Kecamatan Mempura dan Kampung Tualang Kecamatan Tualang," kata Direktur Sumberdaya Manusia IPB, Dr. Heti Mulyati kepada wartawan, di Siak, Senin (24/8).

Tema KKN yang diangkat oleh IPB tahun ini Pemanfaatan Sumber Daya Wilayah dan Pemberdayaan Masyarakat melalui Techno Social Entrepreneurship. Tujuannya kata Heti, untuk mengangkat pembangunan baik ekonomi maupun kesehatan di masa pandemi Covid-19.

"16 mahasiswa yang diterjunkan ke lokasi KKN tadi pada dasarnya untuk mengabadi kepada masyarakat sebagai upaya nyata mewujudkan ketahanan ekonomi dan kesehatan di tengah pandemi," kata dia.

Ketua Kelompok KKN-T 01 Siak, M. Ridho Syakara mengatakan, salah satunya program yang mereka kerjakan selama KKN memberikan pemahaman serta solusi kepada masyarakat bagaimana cara beradaptasi dengan kebiasaan baru serta melakukan pemberdayaan masyarakat yang berkaitan dengan sosial, ekonomi, pertanian dalam secara terintegrasi. 

"Misalnya di Koto Ringin. Masyarakat di daerah ini mayoritas berpenghasilan petani kelapa sawit. Kami telah melaksanakan Sosialisasi Rountable on Plane Oil (SRPO) sebagai upaya meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat dalam pengelolaan kelapa sawit. Kami juga melaksanakan kegiatan pembangunan Taman Obat Keluarga (TOK) sebagai upaya menjaga kesehatan masyarakat berkelanjutan dalam menghadapi pandemi Covid-19," kata dia.

Berbeda dengan yang dilakukan di Kampung Tualang. Program KKN di sini difokuskan pada penerapan pola hidup sehat sesuai protokol kesehatan serta pemberdayaan UMKM.

Aku Bersih, salah satu program KKN-T di sini. Program ini sebagai upaya pemberdayaan anak-anak usia dini dalam mengasah kebiasaan hidup baru dalam menjaga kesehatan seperti mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, serta menjaga jarak.

"Promosi Online UKM menjadi program unggulan kedua di Kampung Tualang. Program ini bertujuan membantu masyarakat di sana yang mayoritas masyarakatnya sebagai pedagang, guna mempromosikan bisnis yang mereka tekuni sehingga dapat meningkatkan pendapatan," kata dia.

Editor : Sahril

Berita Terkait