Konsistensi NasDem Rohul di Tengah Rakyat

Ujungbatu, katakabar.com - Perhelatan pesta demokrasi, Pemilihan serentak Kepala Daerah sudah kelar digelar 9 Desember tahun 2020 lalu, salah satu Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Rokan Hulu sukses mengantarkan pasangan yang diusungnya, Sukiman-Indra Gunawan duduk ke kursi Bupati dan Wakil Bupati.

Tapi, bagi partai besutan Surya Paloh meski pesta demokrasi sudah selesai, terus bergerak baik secara sosial kepartaian dan memberi pemahaman politik dibtengah masyarakat.

Tak sekedar slogan, Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Rokan Hulu, Teddy Mirza Dal menegaskan, kehadiran Partai NasDem bukan untuk kepentingan politik semata. Tapi, gimana kehadiran suatu organisasi yang besar bermanfaat bagi rakyat baik secara kepentingan politik maupun sosial.

"Hal ini yang membuat kami terus berupaya bergerak secara terus menerus, sebagaimana dengan komitmen partai NasDem konsisten hadir di tengah rakyat. Restorasi perubahan itu niat kami," tegas Ketua DPD Partai NasDem Rohul lepas temu ramah tamah dengan masyarakat Kelurahan Rokan IV Koto Kecamatan Rokan IV Koto tiga hari lalu.


Pada temu ramah tersebut, Teddy Mirza Dal tak sendiri, seluruh pengurus DPD Partai NasDem Kabupaten Rokan diboyong ke daerah untuk bersilaturrahmi meyapa warga. Dari dewan penasehat, pengusaha berbaur di sana.

Kegiatan silaturrahmi Partai NasDem bukan pertemuan yang pertama selepas Pilkada yang baru selesai.

"Sebelumnya kami sudah berkunjung ke beberapa daerah yang ada di Rokan Hulu, untuk menjalin silaturrahmi dengan tokoh-tokoh masyarakat, adat dan agama," jelasTeddy.

Sangat penting bagi kami lanjut Teddy, sebuah kontestasi politik yang didukung penuh masyarakat, pemimpin partai berkewajiban menyapa rakyat. Itu sebagai pertanggungjawaban moral yang harus dilakukan sesuai amanat partai yang dipimpinnya.

"Bagi kami rakyat bukan semata kami butuhkan disaat kontestasi politik semata, tapi berasama rakyat NasDen mau berbenah merobah cara pikir yang bersih memiliki jiwa dorong, semangat yang tinggi mendukung pemerintah demi kemajuan suatu daerah," ulasnya.

Mengapa demikian Teddy sambungnya, kalau bukan pengawasan dan cara pikir partai politik yang baik bisa memberikan pandangan perobahan kepada kepala daerah demi kemajuan daerah siapa lagi. Itu sebabnya, NasDem selalu ingin bersama rakyat, lewat lembaga DPRD bisa melakukan pengawasan terhadap kinerja pemimpin daerah.

"Meski Partai NasDem sebagai pengusung terakhir dari enam partai pengusung  pasangan Bupati Sukiman - Indra Gunawan dan menang. Tegas kami sampaikan, kami tidak berhenti untuk melakukan pengawasan demi terwujududnya pembangunan di Kabupaten Rokan Hulu. Siapa bilang, bila adiknya telah menjadi wakil Bupati NasDem diam. Terus terang kami sampaikan itu tidak pernah terjadi. Pengawasan kami tetap jalan, NasDem paling depan menyuaraka suara rakyat," bebernya.

Bukan partai politik kalau tidak bisa melakukan itu lewat anggota DPRD, sebab ada hal yang dipertaruhkan di sana, yakni marwah suatu daerah dan hak-hak dari pada rakyat. Kalau partai pengusung sibuk dengan kepentingan dan diam berhenti bicara itu tidak benar, NasDem bukan seperti itu.

"Kami tidak pernah berhenti bicara, andai Bupati dan Wakil Bupati yang kita dukung menyalah terjadi ketimpangan-ketimpangan sebuah sistim roda pemerintahan maka Nasdem akan bersuara, di sini partai Nasdem masuk. Katakan yang benar sekalipun dibenci Restorasi perubahan tetap kami suarakan."

Masih Teddy, dalam arti pengawasan yang kita lakukan bukan untuk membenci pemerintah, bila pengawasan tidak ada melalui lembaga DPRD yang kita punya tadi maka sia-sialah perjuangan kita. Anggapan-anggapan orang berpendapat soal pitnah-pitnah disana sini perlu kita luruskan, terima atau tidak Topoksi kita sebagai partai politik wajib menyampaikan ini, agar pemimpin mendengar suara rakyat.

"Hari ini yang kita dukung sudah menang, saatnya kembali merajut tali silaturrahmi antar sesama. Tidakkah dalam agama menganjurkan menjaga hubungan siturrahmi sangat penting, apalagi adanya keretakan akibat perbedaan politik. Nah, ini yang kami maksud, pemahaman politik itu musti lebih dewasa. Saya sebagai pemimpin partai NasDem Rohul memiliki pesan moral yang mesti kami sampaikan sebagaimana dengan pertemuan politik terdahulu akan kembali bertatap muka  dengan rakyat," imbuhnya.

Ketua DPD Partai NasDem yang juga sekaligus tokoh politik di Kabupaten Rokan Hulu itu sampaikan ucapan ribuan terima kasih kepada masyarakat setelah Pemilukada tahun 2020 lalu. Harapan dan do'a sewaktu kampanye NasDem kini telah terwujud.

"Sebagai pertanggungjawaban partai politik NasDem Kabupaten Rokan Hulu kepada masyarakat orang banyak. Berjuang, berusaha, berupaya, dan memberi harapan kepada Sukiman - Indra Gunawan. Harapan ini perlu saya garis bawahi bukan harapan pribadi tapi harapan marwah daerah. Kemenangan ini bukan kemenangan dia, tapi kemenagan bagaimana menyatukan masyarakat untuk membangun daerah."

Satu hal lagi lanjutnya, apabila sebuah kemengan pertarungan politik dijadikan kader kader pejuang untuk mengharapkan imbalan, maka nawaitu (niat) kita tidak ikhlas untuk beramal mendukung kemakmuran daerah.

Lalu, bagaimana nanti kedepannya? Sukiman dan Indra Gunawan berjalan dengan pemerintahannya kita semua dapat memahami prosedural mereka. Saat sekarang ini mereka masih meminit sistim birokrasi dan struktur pemerintahan.

"Kemenangan ini berjalan bukan untuk kesombongan, itu jelas. Untuk dipahami jika ada yang salah bisa kita koreksi. Biar apa yang diperjuangankan tidak sia-sia demi terlaksananya pembangunan daerah yang lebih maju dan makmur."

Dalam prinsip agama tadi saya sebutkan, setiap yang kita usung, bila sebuah kebijakan yang tidak memuaskan hati orang banyak kita wajib bicara. Nasdem, walupun pengusung terakhir dari enam posisi Sukiman-Indra Gunawan dalam bentuk pengawasan anggaran, kinerja, Nasdem tetap bekerja semestinya, dan tidak bakal lari dari komitment dan konsistensi, apa artinya DPR dan partai politik jika tida bisa berbuat

"Pemahaman yang saya berikan kepada tokoh-tokoh di Rokan IV Koto, partai politik adalah sebagai kekuatan bagi lembaga DPRD untuk mengawas pemerintah. Bukan sebaliknya, apabila partai politik sudah mendukung Bupati dan Wakil Bupati menang, sehingga mereka tidak menjalankan amanah, diam, itu tidak benar berdosa bagi pimpinan partai politik," sebutnya.

Sekretaris DPD Partai NasDem Kabupaten Rokan Hulu, Budi Trisno menimpali, kegiatan serupa bakal dilakukan. "Selain Kecamatan Rokan IV Koto, dalam waktu dekat ini Ketua DPD serta seluruh pengurus bakal berkunjung ke daerah lain seperti di Kecamatan Tandun, Kabun dan kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Rokan Hulu dengan agenda yang sama, tambahnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait