Soal Kasus Kakek Cabuli 6 Anak

KPAID Kabupaten Pelalawan Dampingi Korban

Pelalawan, katakabar.com - Ketua Komisi perlindungan anak Indonesia Daerah (KPAID) Kabupaten Pelalawan, Yumilda mengatakan, soal kasus pencabulan yang dialami 6 orang anak, KPAID sudah turun melakukan pendampingan kepada para korban, dan sudah melakukan assesmen.

"Selanjutnya, bakal melaksanakan pemulihan psikis kepada para korban pencabulan," ujar Yulmida saat ditemui di Mapolres Pelalawan, pada Rabu(27/1).

Kita turut prihatin atas kejadian yang dialami 6 orang anak korban pelecehan seksual di Kecamatan Pangakalan kuras, Kecamatan Pelalawan, dan Kacamatan Seikijang.

Tugas pokok kita sebenarnya melakukan pencegahan, caranya melakukan sosialisasi ke tengah masyarakat. Barangkali masyarakat sudah paham pidana UU Perlindungan anak, tapi pihak sekolah mesti tingkatkan pendidikan agama agar pencegahan kejahatan seks pada anak lebih optimal.

"Hukum tentang seks terhadap anak sudah diterapkan. Masyarakat dimbau berhati-hati melakukan hal-hal tidak baik," tegasnya.

Kalau secara instansi kata Yulmida, kita punya OPD BP3AKB bidang PP dan PA mesri bersinergi dengan UPT agar kejahatan bisa diminalimisir, sehingga tingkat kejahatan berkurang perlahan tapi pasti .

Sosialisasi pencegahan kejahatan seks terhadap anak bisa dilakukan dengan cara merayu atau membujuk, bagaimana orang-orang tidak mempunyai akhlak kejahatan seksual terhadap anak di bawah umur.

Soalnya, anak-anak tidak paham trik orang dewasa menjerumus anak tersebut. Untuk itu, saya minta kepada orang tua untuk lebih waspada menjaga anaknya, berikan sedikit pendidikan kepribadian anak.

Untuk meguatkan pribadi anak-anak, dengan menjelaskan mana hal-hal yang tidak boleh dipegang orang dewasa yang berlainan jenis, dan bagi orang tua yang punya android mesri rajin searching tentang pengetahuan perilaku anak, serunya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait