KPU Pelalawan Aktifkan PPK dan PPS Jelang Pilkada

Pelalawan, katakabar.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten menggelar tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati, dan wakil Bupati Kabupaten Pelalawan 2020 setelah sempat tertunda beberapa waktu yang lalu.

Untuk memulai kembali tahapan tersebut, KPU  akan mengaktifkan  yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan pihaknya akan melanjutkan tahapan yang tertunda karena pandemi Covid-19.

Tahapan ini dimulai dengan dilakukannya pelantikan Panitia Pemilihan Suara (PPS) diseluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Pelalawan.

"Kita sudah mulai melakukan pelantikan PPS setiap desa dan kelurahan yang sempat tertunda karena wabah Covid19. Untuk tahap awal kita Lantik PPS di 12 Desa/Keluarahan Yang ada di Kecamatan Ukui,” ujar Komisioner KPU Kabupaten Pelalawan Baprinaldi di Pangkalan Kerinci, Selasa (16/6/2020).

Dia mengatakan, ada beberapa tahapan yang tertunda seperti pelantikan anggota PPS, tahapan verifikasi calon perseorangan atau calon independen, pembentukan PPDP dan pemutakhiran data pemilih.

“Akibat dari wabah Covid-19, sehingga seluruh tahapan dalam pilkada serentak ditunda. Ini juga berpengaruh dengan kita disini yang mana pelaksanaan pilkada bupati dan wakil Bupati Pelalawan juga ditunda dari semula 23 September menjadi 9 Desember 2020,” jelasnya.

Menurutnya, panitia pemungutan suara (PPS) yang dilantik ini semua akan melaksanakan tugas dan wewenangnya sebagai penyelenggara pemilu di setiap desa yang diwakilinya, selama sembilan bulan.

“Pelalawan belum masuk zona hijau, pelantikan maupun nanti bila bertugas semua PPS akan mengedepankan protokol kesehatan dalam mengantisipasi penyebaran. Seperti jaga jarak, memakai masker serta mencuci tangan memakai sabun, ” tandasnya.

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait