Lab Biomolekuler Arifin Achmad Temukan 6 Kasus Positif Covid 19 di Riau

Pekanbaru, katakabar.com - Juru Bicara Tim Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi menyebutkan selama 10 hari Laboratorium Biomolekuler Arifin Achmad beroperasi, ditemukan enam kasus positif Covid-19 atau Virus Corona.

"Sejak perhari kemarin, di lab biomolekuler sudah menerima di atas 80 sampel untuk diperiksa perharinya. Sejak beroperasi, ditemukan 6 hasil positif," ujar Yovi, Rabu (29/4).

Yovi menyebutkan, proses pada lab biomolekuler ini adanya bentuk qualty control. Pihaknya melakukan pemeriksaan serta perbandingan dengan pemeriksaan yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Jakarta.

"Untuk data hasil positif Covid 19 pemeriksaan di lab biomolekuler Arifin Achmad sama dengan Litbangkes Jakarta yang juga menunjukkan hasil positif, begitu juga dengan hasil negatif," kata Yovi.

Hasil swab labor tersebut menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR). Pemeriksaan PCR adalah pemeriksaan menggunakan mesin. Ada tiga bentuk pekerjaan sebelum mendapatkan hasil yaitu ekstraksi, DNA, dan PCR.

"Hasil PCR  berbentuk grafik, jika positif Covid 19 kita harus tau bentuk grafiknya gimana sedangkan jika bukan Positif Covid 19 kita juga harus tau bentuk grafiknya gimana," jelasnya. 

Yovi berharap, nantinya lab biomolekuler Arifin Achmad bisa lebih maksimal, dengan kapasitas bisa mencapai 100 sampel untuk perharinya. 

"Insya Allah akhir pekan ini bisa menerima 100 sampel perhari. Namun 100 sampel ini bukan untuk 100 orang, karena 1 orang saja dilakukan sebanyak 4 sampel. Sehingga jika 100 sampel itu berarti 25 orang," tandasnya.

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait