Layanan Drive Thru Diresmikan di Polres Rohil, Kapolda Riau: Ayo Berlari Kencang

Rokan Hilir, katakabar.com - Kepala Kepolisian Daerah Provinsi (Kapolda) Riau, Irjen Agung Setya Imam Effendi resmikan layanan Drive Thru terpadu di Mapolres Rokan Hilir, pada Rabu (13/10).

Layanan Drive Thru terpadu jadi terobosan Polres Rokan Hilir ini perdana di Provinsi Riau, yakni dapat melayani berbagai urusan masyarakat dengan kepolisian hanya dalam waktu singkat dan lebih praktis.

"Layanan Drive Thru adalah pelayanan dengan cepat dan singkat, serta lebih praktis kepada masyarakat. Dimana sebuah layanan pesan bawa pulang yang menempatkan pelanggan untuk dapat membeli produk dengan cepat tanpa perlu turun dari kendaraan, khususnya mobil."

Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya menjelaskan, layanan Drive Thru bakal memudahkan masyarakat dalam berbagai urusan, mulai dari perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM), pengurusan pajak tahunan kendaraan bermotor, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) hingga surat kehilangan.

"Keempat urusan tersebut kini bisa dilakukan di satu pelayanan, Drive Thru Terpadu alias 4 in 1.

Drive Thru Terpadu Polres Rokan Hilirini dikonsep sedemikian rupa dan terintegrasi. Kontainer pun disulap sedemikian rupa sehingga masyarakat tak perlu repot lagi, bahkan tanpa harus turun dari sepeda motor maupun mobil untuk melakukan empat urusan tersebut.

Dengan adanya terobosan Drive Thru Terpadu, waktu pengurusan pun bisa dipangkas cuma dalam belasan menit.

Tidak hanya petugas kepolisian yang melayani, tapi disiapkan petugas dari Dispenda. Layanan Drive Thru Terpadu yang dimiliki Polres Rokan Hilir sudah menggunakan aplikasi pelayanan terpadu Polda Riau. Dengan begitu, masyarakat cukup menginstal aplikasinya lalu mengisi data, syarat-syarat dan setelahnya mendapat nomor antrean.

"Warga tak perlu menunggu di lokasi pengurusan, sebab sudah memiliki nomor antrean. Ini bertujuan mencegah kerumunan, serta mencegah penularan Covid 19. Saat mereka datang tinggal masuk membayar. Cashles di sini. Ini mencegah penyebaran Covid-19," ulas Kapolda Riau.

Kata Irjen Pol Agung Setya, Drive thru ini sebagai pendukung dalam upaya kita mensejahterahkan masyarakat, dan memberikan layanan yang baik. Rokan Hilir sekarang sudah punya inovasi untuk permudah masyarakat dan bisa dirasakan manfaatnya.

"Tolong ini dimanfaatkan betul dan saya ucapkan selamat atas inovasi ini. Ini yang pertama di jajaran Polda Riau," tegasnya.

Terobosan ini tidak terlepas dari kerja sama antara kepolisian Polda Riau yang berkolaborasi dengan stake holder lainnya, bertujuan untuk mempermudah masyarakat mendapat pelayanan kepolisian.

"Tidak perlu turun dari kendaraan sudah jadi. Era kita memang sudah ke sana. Kita membawa Rokan Hilir berlari lebih kencang lagi. Kalau misalnya ngurus SKCK harus seharian, sekarang cukup 15 menit di sini, waktu kita bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih baik. Sudah tidak harus mengisi blangko macam-macam, tinggal isi di aplikasi digital," cerita Jenderal Bintang Dua ini.

Pada peresmian layanan Drive Thru Terpadu ini, Kapolda Riau tampak didampingi Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong, Kapolres Rokan Hilir, AKBP Nurhadi Ismanto beserta Forkopimda Kabupaten Rokan Hilir.

Bupati Rokan Hilir pun berkesempatan mencoba cepatnya pelayanan komplit yang disediakan pada Drive Thru Terpadu.

Editor : Sahdan

Berita Terkait