Lindungi Kesehatan Warga, Petugas Loka POM Dumai Awasi Pangan di Bengkalis

Bengkalis, katakabar.com - Petugas Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Dumai bersama petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bengkalis, melakukan pengawasan sarana dan pangan di sejumlah titik di Kota Bengkalis, pulau seberang, pada Senin (3/5) kemarin.

Pengawasan sarana dilakukan dengan mendatangi sejumlah toko dan swalayan di pusat ibu kota Kabupaten Bengkalis. Untuk pengawasan pangan dilaksanakan dengan mengambil 20 jenis sample makanan di dua lokasi bazar ramadhan.

Kepala Loka POM Dumai, Ully Mandasari, diwakili Ketua Tim Pengawasan, Ertha Sastha Silitonga mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya Loka POM Dumai untuk melindungi kesehatan masyarakat dari peredaran produk pangan olahan yang tidak memenuhi ketentuan, baik dari segi legalitas maupun mutu pangan, khususnya menjelang hari raya idul fitri.

Saat melakukan pengawasan, Petugas Loka POM Dumai turut memberikan edukasi dan pembinaan kepada pemilik toko, swalayan dan pedagang di bazar Ramadhan, agar lebih menjaga kebersihan baik di gudang maupun lingkungan sekitar.

Kepada masyarakat, diimbau untuk selalu melakukan cek Kemasan, Label, Izin edar, tanggal Kedaluwarsa (KLIK) saat mau membeli dan mengonsumsi produk pangan, agar terhindar dari pangan yang tidak layak konsumsi.

Setelah mengumpulkan 20 sample makanan olahan, petugas Loka POM Dumai melakukan rapid test atau uji cepat guna memastikan apakah makanan tersebut mengandung 4 bahan berbahaya. Hasilnya semua sample makanan tersebut bebas dari 4 bahan berbahaya, seperti Formalin, borak, rhodamin b, methanliy yellow.

“Kami pakai rapid test atau uji cepat, tidak berapa lama hasilnya bisa langsung keluar. Semuanya aman dari bahan berbahaya."

Kepada pedagang tetap menjaga keamanan pangan yang dijual dari debu dan lalat, yang lebih penting pedagang tidak menggunakan bahan berbahaya saat membuat olahan makanan, tegasnya lagi.

Editor : Sahdan

Berita Terkait