Listyo Sigit Resmi Jadi Kapolri, Dilantik Jokowi di Istana

Katakabar.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri di Istana Negara, Rabu 27 Januari 2021. Sigit menggantikan Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun.

Pelantikan dilakukan sekitar pukul 09.30 WIB dengan dengan protokol kesehatan. Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden nomor 5 Polri Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Jokowi kemudian menanyakan kesedian Listyo Sigit untuk diambil sumpah.

"Demi Tuhan Yang Maha Esa, Bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya pada bangsa dan negara," kata Sigit di Istana Negara, Rabu (27/1).

Sebelumnya diketahui, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memberikan restu kepada Sigit, calon tunggal pilihan Presiden Jokowi untuk memimpin Polri. Keputusan tersebut diambil melalui sidang paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPR, Puan Maharani.

Paripurna digelar sehari setelah Listyo Sigit Prabowo menyelesaikan tahapan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Kapolri yang diselenggarakan Komisi III DPR.

Sidang paripurna di Gedung DPR, Senayan, Jakarta diawali dengan penyampaian laporan Komisi III terkait hasil fit and proper test calon Kapolri.

"Komisi III DPR RI menyetujui calon Kapolri yang diusulkan Presiden Republik Indonesia. Komisi III DPR RI juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Jenderal Polisi Idham Azis," kata Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni, Kamis 21 Januari 2021.

Ketua DPR RI Puan Maharani menyambut baik visi dan misi Komjen Listyo Sigit Prabowo yang disampaikan dalam fit and proper test di Komisi III DPR RI. Menurut Puan, calon tunggal Kapolri itu memiliki semangat transformasi membawa Polri menjadi lebih baik.

"Kita sudah mendengarkan visi misi calon Kapolri saat uji kelayakan. Ada semangat transformasi di tubuh Polri," ungkap Puan, Kamis. 

Merdeka.com

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait