Logistik Pilkada Siak Mulai Didistribusikan Pekan Ini

Siak, katakabar. com - Surat suara beserta logistik lainnya yang dibutuhkan dalam Pilkada Siak 9 Desember mendatang, mulai didistribusikan ke kecamatan pekan ini.

Berbagai logistik yang didistribusikan mulai dari kotak suara, surat suara, tinta dan alat tulis lainnya.

"Pendistribusian logistik berlangsung selama dua hari, dari  tanggal 5-6 Desember," kata Ketua KPU Siak, Ahmad Rizal dihubungi katakabar.com, Kamis (3/12). 

Rizal mengatakan, logistik Pilkada 2020 didistribusikan awalnya ke daerah-daerah ujung Kabupaten Siak, Riau. Seperti Kecamatan Kandis, Minas dan Sungai Apit.

Nantinya, logistik tersebut akan disebarkan ke setiap tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di wilayah kecamatan.

"Daerah yang jauh-jauh dulu. Seperti Kandis, Minas dan Sungai Apit. Kalau tidak ada halangan, tanggal 5 pekan ini, semua logistik Pilkada sudah disalurkan ke daerah-daerah tadi," kata dia.

Rizal memastikan pengiriman logistik akan mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian dan Bawaslu Siak. Sebelum didistribusikan ke panitia, logistik akan diteliti terlebih dahulu.

Total surat suara yang disalurkan sebanyak 274.645 lembar ditambah 2,5?n 2.000 lembar surat suara PSU (Pemungutan Suara Ulang). Terus, total kardus kotak surat suara didistribusikan sebanyak 959 kotak.

"Kotak suara ini per TPS 1. Jumlah TPS Pilkada Siak 944. Di tiap kecamatan juga ditarok 1 TPS (14 kecamatan) dan di kabupaten 1 TPS. Jadi total kotak suara 959," kata Rizal.

Soal kertas surat suara yang rusak dan yang kurang, kata Rizal, hari ini akan dikirim dari tempat percetakan di Surabaya.

Sebelumnya, saat pelipatan kertas surat suara, KPU menemukan 173 surat suara rusak dan kekurangan 170 lembar surat suara. 

"Hari ini, 343 lembar kekurangan surat suara akan sampai ke Siak. Saya lagi di tempat percetakan di Surabaya mengontrol pengiriman kekurangan kertas surat suara tersebut," kata dia.

Editor : Sahril

Berita Terkait