Lumbung Pangan Seluas 90 Hektar di Desa Kedabu Rapat

Meranti, katakabar.com - Bupati Kepulauan Meranti, Muhammad Adil dijadwal bakal meresmikan lumbung pangan diatas lahan seluas 90 hektar sekaligus panen raya di Desa Kedabu Rapat pada Kamis (27/1) pekan depan.

Lumbung pangan ini salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti lewat Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Peternakan (DKPTPP) Kepulauan Meranti dalam meningkatkan kualitas lumbung pagan di 'Negeri Sagu" nama lain Kepulauan Meranti.

Selain itu, di acara peresmian dan panen raya lumbung pangan tersebur bakal digelar ragam kegiatan, seperti penyerahan alat komben satu unit, dan membuat embung di areal persawahan.

"Kita ada kegiatan peresmian lumbung Pangan seluas 90 hektar, panen dan menyerahkan komben seperti mobil, alat panen satu unit buat masyarakat di Desa Kedabu Rapat."

Di sana, kita bikin embung di areal persawahan. Dari embung ini nanti air megaliri ke areal persawahan. Tak cuma itu, Dinas Perikanan bakal menyebar benih bibit ikan di embung nanti, pada Kamis pekan depan, ujar Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Peternakan (DKPTPP) Kepulauan Meranti, Ifwandi kepada katakabar.com di kantornya pada Selasa (18/1) kemarin.

Penen raya nanti ujar Ifwandi, sebanyak ratusan petani hadir dari kawasan sentral padi seperti Rangsang Pesisir dan Rangsang Barat sentral padi, tempat lainnya dari daerah kecil yang menyebar di Kepulauan Meranti.

"Penyuluh-penyuluh selaku perpanjangan tangan dari Dinas Pertanian bakal hadir di kegiatan nanti," ulasnyam

Soal bantuan sambungnya, ada bantuan dari Pusat dan ada pula bantuan dari Provinsi Riau. Untuk pelaksaan kegiatan Pemerintah Kepulauan Meranti skala kecil dulu, lepas itu baru skala besar. Itu pun kita lihar seperti apa ke depan.

Itu sebabnya, kita berharap para penyuluh dapat bersinergi, bimbing petani sebaik mungkin biar hasilnya meningkat. Dengan mendampingi petani salah satu cara untuk meningkatkan produksi hasil panen, sebutnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait