Malaysia Kirim Tim, Bantu Pencarian 9 TKI Tenggelam di Dumai

Pekanbaru, katakabar.com - Malaysia turunkan tim dan peralatan lengkap guna membantu pencarian korban kapal pompong tenggelam di perairan Tanjung Medang, Dumai. Mereka juga terjunkan RIB, Pesawat Wings dan Helly AW.

"Benar mereka (Malaysia) kirimkan bantuan. Hari ini kita masih upayakan pencarian korban," terang Kepala Basarnas Pekanbaru, Ishak, Jumat (24/1).

Dirincinya, memang tim Malaysia tidak langsung turun ke wilayah Indonesia. Namun, melakukan pencarian di batas teritorial masing-masing. "Ada dugaan korban hanyut ke wilayah Malaysia. Jadi, pencarian di daerah perairan masing-masing," terangnya.

Hingga saat ini, tim masih terus melakukan penyisiran di sepanjang perairan. Baik dari jalur laut dan  juga pantauan dari udara menggunakan Helly Puma dari Lanud Roesmin Nurjadin.

Untuk diketahui, kapal pompong yang bermuatan 18 orang TKI dan 2 orang crew kapal itu diinformasikan hendak menuju Malaysia. Dimana berangkat dari Pulau Rupat Selasa (21/01/20) sekitar pukul 21.30 malam lalu. Namun, sesampai di perairan Tanjung Medang, Dumai, kapal pompong diduga mengalami kebocoran dan tenggelam di perairan itu.

Hingga kini, masih terdapat 9 orang korban yang masih dalam pencarian oleh Tim SAR Gabungan. Sebelumnya, tim telah berhasil menemukan satu orang korban dengan keadaan meninggal dunia. Sedangkan 10 orang lainnya berhasil selamat.

Bahkan saat ini, Polda Riau juga tengah lakukan penyelidikan dugaan TKI penumpang kapal itu. Apakah benar ilegal atau legal dengan dilengkapi dengan persyaratan yang ada.

Merujuk data yang dirilis Basarnas Pekanbaru, 10 orang korban selamat tersebut yakni  Een Saputra (30), Mariska Sari (30), Abdullah Faiz (25), Doni Siregar (25), Rudiansah (25), Sumon (32), Uli Handayani (39), Fitria (40), Herman (29) serta, Abib (28).

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait