Cegah Cluster Baru Covid 19 di Bangko

Masyarakat Diminta Perketat PPKM Mikro dan Disiplin Prokes Covid 19

Rokan Hilir, katakabar.com -  Untuk mencegah dan menghindari terjadinya cluster baru Covid 19 di wilayah Bangko, yang beberapa hari kebelakang ini terjadi peningkatan.

Kepolisian Sektor Bangko mengimbau masyarakat Bagan Siapiapi diimbau untuk ikut serta perketat PPKM mikro, dan displin protokol kesehatan, ini sesuai implementasi Inpres Nomor 6 Tahun 2020, Pergub Riau Nomor 55 Tahun 2020 dan Perbup Rohil Nomor 52 Tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid 19 di  Bagan Siapiapi.

Kegiatan pengetatan yang dilaksanakan pada  Senin (26/7), Polsek Bangko bersama pihak kelurahan dengan lokasi di wilayah terpapar Covid 19,  kelurahan Bagan Timur dan kelurahan Bagan Barat.

Masyarakat yang keluar masuk melewati Pos PPKM mikro di Jalan Pulau Baru dan Jalan Siak diberhentikan, petugas kepolisian memeriksa suhu badan, dan tanyakan kepentingan keluar rumah.

Selain itu, petugas kepolisian sektor bangko dan pihak kepenghuluan memberikan imbauan kepada masyarakat agar menjaga jarak aman fisik 1 hingga 2 meter. Terus mengajak masyarakat agar selalu menggunakan masker dan belum vaksinasi agar segera melaksanakan vaksinasi di Puskesmas Bagan Siapiapi.

Tim pun mengajak masyarakat agar sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, patuhi protokol kesehatan, serta meminta masyarakat membatasi kegiatan masyarakat di luar rumah, tetap di rumah saja.

Petugas polisi melaksnakan penyemprotan disinfektan di tempat ibadah dan di rumah warga yang terpapar Covid 19.

Lurah Bagan Barat, Abdul Salam mengatakan, dalam beberapa hari belakangan ini terjadi peningkatan cluster baru Covid 19, yang terpapar sebuah keluarga di wilayah kelurahan Bagan Barat.

Untuk itu, mari bersama patuhi protokol kesehatan. Masyarakat yang saat ini sedang menjalani isolasi mandiri diminta tetap mematuhi Prokes, tidak berkeliaran dan tetap menjaga jarak meski di dalam rumah. Ini untuk menghindari timbulnya cluster baru di dalam keluarga.

Bagi warga luar yang datang bekunjung ataupun keperluan lainnya diminta kepada warga agar tetap mematuhi Prokes. Keluarga yang jauh datang ke rumah kita tidak tahu steril tidaknya dari Covid 19. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati, jelasnya.

Aresiasi dan terima kasih kepada Polri khususnya Polsek Bangko atas kecepatan dan respon antisipasi, serta pengawasan terhadap warga yang terpapar Covid 19. Wabah ini mudah-mudahan cepat berakhir agar kita kembali beraktivitas seperti biasa tanpa keterbatasan dan ketakutan, imbuhnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait