Jika Corona Terus Mewabah saat Ramadan

Masyarakat Siak Diimbau Salat Tarawih dan Tadarus di Rumah

Siak, katakabar.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak akan mengeluarkan surat himbauan agar masyarakat tidak melaksanakan salat Tarawih berjemaah di Mesjid apabila wabah virus Corona (Covid-19) masih terjadi sampai bulan Puasa Ramadan.

"Kalau kondisi belum aman sampai bulan Puasa, kita akan terbitkan surat himbauan kepada masyarakat agar salat Tarawih dan Tadarus cukup di rumah aja," kata Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Siak, Jamaluddin menjawab katakabar.com, Selasa (7/4).

Bahkan kata Jamal, Tanggal 30 Maret lalu, Gubernur Riau Syamsuar sudah mengeluarkan surat edaran ke setiap pemerintah daerah tentang hal tersebut.

"Kendati Provinsi Riau masih zona hijau. Tapi trend penyebaran wabah ini kan terus naik. Jadi untuk mengantisipasi penyebaran virus ini, segala bentuk yang mengumpulkan banyak massa sementara ini tidak diperbolehkan," kata dia.

Apalagi, Jamal melanjutkan, punca wabah ini diperkirakan bakal terjadi pertengahan April ke atas atau dua minggu jelang bulan Puasa Ramadan.

"Disitu kan banyak perantau bakal balik kampung. Di Siak juga akan seperti itu. Jadi diperkirakan, dua minggu sebelum Puasa akan terjadi lonjakan ODP maupun PDP. Kendati begitu, masyarakat tidak perlu panik. Tetaplah jaga kebersihan dan indahkah himbauan pemerintah," pungkasnya.

Editor : Sahril

Berita Terkait