Digadang-gadang Standar Nasional

Mega Proyek RSUD Rohul Mangkrak dan Terlantar

Pasir Pengaraian, katakabar.com - Tahun 2012 silam, awal mula pembangunan gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Rokan Hulu digadang-gadang berstandar nasional. Andai mega proyek itu rampung, "Negeri Seribu Suluk" nama lain dari Kabupaten Rokan Hulu tak lama lagi bakal menempati gedung baru yang megah.

Tapi, pembangunan gedung baru RSUD Kabupaten Rokan Hulu sudah hampir berumur 11 tahun lamanya nyatanya mangkrak dan terlantar di kawasan semak di kelilingi pagar seng di Jalan Syekh Ismail, Pasir Pangairan, Kabupaten Rokan Hulu.

Mega proyek itu jadi mimpi indah bagi masyarakat Kabupaten Rokan Hulu punya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) berstandar nasional. Meski gedung RSUD yang lama sudah layak diganti baru.

Masalahnya, pembangunan gedung baru RSUD terhenti dan mangkrak sudah hampir lima tahun lamanya.

Kabarnya biaya pembangunan mega proyek RSUD tersebut sudah menelan duit sebesar Rp82,8 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Riau dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Rokan Hulu.

Gimana gedung bisa beroperasi, mega proyek tersebut nyatanya masih mangkrak, dan terlantar pula.

Terlepas dari anggaran untuk membiayai pembangunan gedung baru itu. Pertanyaannya sederhan, kenapa proyek bisa mangkrak?

Kabid Humas dan Pengembangan SDM RSUD Kabupate Rokan Hulu, Rustam Efendi tidak tahu kendala mangkraknya mega proyek RSUD baru itu.

"Saya tidak tahu, kenapa dan apa kendalanya? Saya tidak banyak tahu soal itu," kata Rustam kepada katakabar.com saat ditemui di kantornya, pada Senin (20/9) kemarin, seraya mengakal wartawan katakabar.com melihat sekeliling gedung baru RSUD Rokan Hulu masih terbengkalai.

Sebelumnya ujar Rustam, pembangunan gedung RSUD rencananya dilanjutkan pada tahun 2020 lalu. Tapi terkendala hasil audit fisik dan keuangan yang hingga saat ini belum diketahui hasilnya dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Riau bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Riau terkait uji kelayakan fisik bangunan.

"Saya tidak tahu pastinya, seperti apa hasil audit uji kelayakan fisik gedung dan keuangannya, baik dari UNRI maupun BPKP Provinsi Riau. Bisa jadi ada kendala lain," jelasnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait