Menlu Sebut Satu WNI Positif Corona di Australia

Katakabar.com - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengonfirmasi bahwa pendatang dari Jakarta yang sebelumnya dinyatakan positif terinfeksi virus corona Covid-19 di Melbourne, Australia, adalah warga Indonesia.

WNI tersebut diketahui perempuan berusia sekitar 50 tahunan.

"Jadi tadi saya bertemu dengan Dubes Australia untuk Indonesia dan intinya, satu saya menanyakan status ibu tersebut. Diperoleh informasi bahwa beliau adalah warga negara Indonesia pemegang permanent resident," ucap Retno saat ditemui wartawan usai menjamu Menlu Belanda di Jakarta Pusat, Senin (9/3).

Retno mengatakan sampai saat ini kementeriannya melalui Konsulat Jenderal RI di Melbourne terus berupaya memperoleh informasi terkait kondisi perempuan tersebut.

Namun, Retno mengatakan dia tak bisa mengungkap identitas perempuan itu lebih jauh lagi karena menghormati undang-undang privasi yang diterapkan Australia terhadap setiap pasien.

Retno memastikan tim KJRI Melbourne siap membantu jika yang bersangkutan membutuhkan pertolongan KJRI.

Pihak berwenang Negara Bagian Victoria, sebelumnya melaporkan perempuan itu datang dari Jakarta. Ia dikabarkan sakit ketika mengunjungi Perth pada bulan lalu.

Perempuan itu diketahui terbang dari Jakarta menuju Perth pada 27 Februari lalu. ABC News melaporkan perempuan itu mengalami gejala Covid-19 dua hari setelahnya atau sekitar 29 Februari ketika masih berada di Perth.

Ia lalu dilaporkan menggunakan penerbangan Virgin Airlines VA682 pada 2 Maret lalu menuju Melbourne untuk menonton Grand Prix (GP).

Pada 6 Maret lalu, perempuan itu melakukan tes pemeriksaan Covid-19 sebelum memasuki arena GP. Sehari setelahnya, perempuan itu dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Selama berada di Melbourne, perempuan itu sempat mengunjungi restoran Vietnam Pho Hung Vuong 2 di Richmond pada 6 Maret sekitar 40 menit antara pukul 18.00-19.00 waktu setempat.

Pihak berwenang Victoria hingga kini masih menelusuri aktivitas perempuan tersebut dan siapa saja yang pernah menjalin kontak langsung dengannya.

Saat ini, perempuan itu telah diisolasi di rumah sakit di Victoria dan telah didampingi anggota keluarga. Wanita tersebut menjadi kasus virus corona ke-12 yang terjadi di Victoria.

Sementara itu, secara keseluruhan sudah ada 89 kasus virus corona di Australia dengan tiga kematian di New South Wales dan satu di Australia Barat. CNN Indonesia

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait