Milenial Sangat Berpotensi jadi Generasi Paling Kaya Raya

Pekanbaru, katakabar.com - Mungkin dalam waktu yang tidak lama lagi, gelar generasi terkaya pun akan segera diwarisi oleh milenial dari generasi pendahulu mereka seperti baby boomer.

Dilaporkan Fox Business, kekayaan itu juga akan diperoleh dari warisan. Orang tua para milenial di Amerika Serikat (AS) diprediksi akan mewariskan USD 68,5 triliun atau setara Rp 961.000 triliun (USD 1 = 14.039).

Firma konsultasi Cerulli Associates menyebut fenomena ini sebagai 'transfer kekayaan besar' dalam 25 tahun ke depan. Warisan yang diterima milenial akan lebih besar dari warisan yang orang tua mereka dapatkan.

Berdasarkan kategori Pew Research, baby boomer adalah mereka yang lahir pada tahun 1946-1964, selanjutnya ada generasi X yang lahir pada tahun 1965-1980, kemudian milenial lahir pada tahun 1981-1996.

Saat ini, baby boomer merupakan generasi terkaya di AS dan mengantongi 70 persen pendapatan yang bisa dibelanjakan (disposable income) di AS.

Selain itu, jumlah milenial yang lebih sedikit ketimbang generasi pendahulu bisa membuat warisan lebih terkonsentrasi. Alhasil, milenial bisa menjadi generasi yang paling kaya raya.

"Warisan memiliki potensi menjadikan para milenial menjadi generasi yang paling kaya raya, meski awalnya keadaan finansial milenial lebih buruk ketimbang baby boomers yang mewarisi kekayaan," jelas Kim Orth, Penasihat Keuangan Ameriprise.

Lebih Kaya Lima Kali Lipat

 

Berdasarkan studi yang dirilis Coldwell Banker, pada tahun 2030 mendatang para milenial akan lima kali lebih kaya dari mereka saat ini. Bagaimana cara milenial menghabiskan kekayaan dan warisan mereka pun menjadi pertanyaan.

"Kemungkinan ada kecenderungan untuk mengandalkan warisan yang mereka ekspektasikan untuk kebutuhan pensiun mereka, sehingga memicu mereka untuk menghabiskan uang mereka sekarang untuk dinikmati dan kurang menabung untuk masa depan," ujar Ki Orth.

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait