Miliuner India Mukesh Ambani Tolak Ambil Gaji Sampai Pandemi Covid-19 Berakhir

Katakabar.com - Orang terkaya se-Asia asal India, Mukesh Ambani pada Kamis mengatakan dia tak akan mengambil gajinya sampai dampak pandemi Covid-19 membaik.

Ambani mengumumkan keputusannya karena perusahaannya, Reliance Industries yang bergerak di bidang pengolahan minyak, manufaktur, dan telekomunikasi, mencatat pendapatan yang menurun drastis.

Laba bersih turun lebih dari 37 persen menjadi 65 miliar rupee (USD 850 juta) dalam tiga bulan yang berakhir Maret dibandingkan dengan tahun sebelumnya karena perusahaan bergulat dengan dampak pandemi.

Kekayaan Mukesh Ambani sebesar USD 53,4 miliar, menurut Forbes. Perusahaan mengatakan gaji Ambani sebesar USD 2 juta per tahun sejak krisis keuangan 2008.

"Sekarang, dia tidak akan mengambil gajinya sampai perusahaan dan semua bisnisnya sepenuhnya kembali ke potensi pendapatan sebelumnya," kata perusahaan Ambani dalam sebuah pernyataan, dilansir dari CNN, Sabtu (2/5).

Bloomberg melaporkan, perusahaan ini juga akan memotong gaji karyawan sebesar 10 persen khusus untuk karyawan yang berpenghasilan lebih dari USD 20.000 per tahun, mengutip salah seorang sumber. Namun Reliance menolak berkomentar terkait hal ini.

Pada Kamis, Reliance mengatakan pihaknya mencoba menemukan cara untuk merespons pandemi virus corona ini.

Lembaga filantropisnya, Reliance Foundation, membantu menyalurkan ratusan tempat tidur rumah sakit di Mumbai untuk merawat pasien Covid-19. Divisi-divisi lain di Reliance berusaha membantu memperluas kemampuan India untuk tes Covid-19 dan memproduksi masker dan APD lainnya untuk petugas kesehatan.  Merdeka.com

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait