Negeri Sagu Jawara Umum Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Se Riau

Meranti, katakabar.com - Kabar gembira dan bahagia bagi masyarakat Negeri Sagu nama lain dari daerah Kepulauan, dengan berhasil Pemerintah Kabupaten yang dipimpin Irwan Nasir, menjadi jawara umum dan sabet hampir semua kategori yang dilombakan pada Aksi Konvergensi Penurunan Stunting tingkat Riau yang digelar Bappedalitbang Provinsi Riau.

Keberhasilan Pemkab Meranti dalam menekan angka Stunting di wilayahnya mendapat apresiasi dari Tim Penilai Kinerja Pencegahan dan Penurunan Stunting 2020-2021 dari Bappedalitbang Provinsi Riau, dengan mengukuhkan Pemkab Meranti menjadi Pemda terbaik dari 12 Kabupaten Kota di Riau dalam penuntasan Stunting.

Pemberian Penghargaan Pemenang I kepada Pemkab Meranti dan berhasil sabet seluruh kategori penghargaan dari Pemprov Riau yang dilakuman lewat Zoom Meeting (Vidcon), yang diikuti oleh 12 Kabupaten Kota se Provinsi Riau, pada Rabu (14/10) siang tadi.

Berikut penghargaan yang diraih Pemkab Kepulauan Meranti yang diumumkan Ketua Tim Penilai Herianto, meliputi Peringkat I Daerah yang menerapkan Aksi Konvergensi Stunting 1-4 dengan poin 39,
Peringkat I Kabupaten Paling Inspiratif dalam Penuntasan Stunting dengan poin 37, 9, Peringkat I Kabupaten Paling Replikatif dalam Penuntasan Stunting dengan poin 37.9 dan Peringkat II Kabupaten Paling Inovatif dalam Penuntasan Stunting.

Penilaian dilakukan oleh Tim Bappedalitbang Provinsi Riau bersifat Independen, sesuai dengan aksi nyata yang dilakukan Kabupaten dan Kota se Provinsi Riau.

Tim melihat langsung ke lapangan untuk melihat aksi nyata yang dilakukan Kabupaten dan Kota. Dan Tim menilai efektifitas program yang telah dijalankan Pemda se Kabupaten Kota dalam menekan angka Stunting, ujar Herianto.

Dari fakta di lapangan, Tim Penilai sangat mengapresiasi Pemkab Meranti, meski berada di daerah perbatasan, dengan angka kemiskinan yang cukup tinggi dan keterbatasan anggaran daerah berhasil menekan angka Stunting di wilayahnya, tambahnya.

Sejak awal Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti fokus terhadap penuntasan Stunting yang ada di wilayahnya.

Berbagai program digulirkan dalam pelaksanaan aksi Konvergensi menekan angka Stunting yang terintegrasi dengan seluruh OPD terkait. Alhamdulillah, lewat upaya dan kerja keras Pemkab Meranti berhasil menurunkan angka Stunting yang cukup signifikan di 12 Desa Locus dari sebanyak 16 Locus. 

Editor : Sahdan

Berita Terkait