Nelangsa, Kelas Jauh SDN 023 Pelalawan Dinding Kayu dan Lantai Tanah

Pangkalan Kuras, katakabar.com - Kelas jauh Sekolah Dasar Negeri bernama 023 yang berada di Dusun Sei Medang Desa Kesuma, Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, sangat tidak layak dan tidak nyaman bagi 250 orang siswa yang bersekolah di dalam bangunan masih terbuat dari kayu dan berlantai tanah.

Kondisi kelas jauh SDN 023 yang dikepalai Burhan tambah parah disebakan masih kekurangan lokal, sehingga tak mampu menampung tingginya animo calon siswa yang mau bersekolah.

Meski kondisi bangunan sekolah tidak layak dan tak nyaman, tapi tidak menyurutkan guru dan siswa melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas jauh SDN 023 tersebut.

Kepala Sekolah SDN 023, Burhan kepada  katakabar.com, pada Senin (21/6) mengatakan, nelangsa dan cukup prihatin lihat siswa bersekolah di bangunan yang tak layak. Lantaran itu, saya  bersama Kadus , tokoh masyarakat  meminta kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pelalawan segera membangun ruang kelas baru kelas jauh masih kekurangan ruang belajar.

Masalah ini sudah pernah diajukan di zaman Bupati Pelalawan, HM Harris, tapi hingga saat ini belum ada kejelasan dari Pemkab Bengkalis dan Dinas Terkait mengenai keluhan masyarakat.

Foto Adi.

Boleh jadi saat itu alasannya  lokasi atau areal berdirinya kelas jauh masuk dalam kawasan TNTN. Tapi dari keterangan masyarakat tidak masuk kawasan TNTN, sehingg masyarakat bersama-sama berinisiatif membangun sekolah apa adanya secara swadaya jauh sebelum ada TNTN. Itu artinya masyarakat lebih dulu menetap dan tinggal di daerah tersebut," ujar Burhan.

Kami sudah mengadu ke Bupati Pelalawan yang baru sambung Burhan, Bupati Pelalawan yang baru merespon dengan baik dan menindaklanjuti keluhan masyarakat Sei Medang serta meninjau ulang lokasi kelas jauh SDN 023

"Kami tetap semangat meski sedih lihat siswa lantaran beratnya persoalan yang dihadapi. Apalagi jarak kelas jauh sekitar 8 kilometer dari sekolah induk.

"Kelas jauh terletak di Dusun 6 Sei Medang Raya jaraknya sekitar 8 kilometer dari sekolah induk di Dusun 2 Sei Medang."

Harapannya, Pemkab Pelalawan lewat Dinas Terkait segera memberikan perhatian serius kepada kelas jauh SDN 023, biar anak didik aman dan nyaman saat melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah, sebutnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait