New Normal, Istana Siak Segera Dibuka

Siak, katakabar.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Riau, segera kembali membuka Istana Siak seiring dengan New Normal atau kenormalan baru yang diterapkan setelah lebih dua bulan ditutup lantaran pandemi COVID-19.

"Secepatnya dibuka kembali. Tim Gugus Tuga Penanganan COVID-19 Kabupaten Siak tengah mengkaji standar penerapan New Normal untuk bidang wisata," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Fauzi Asni menjawab katakabar.com, Rabu (10/6).

Kendati begitu, Fauzi memastikan setiap wisatawan yang masuk ke istana nantinya wajib memenuhi protokol COVID-19. "Setelah kita mendapat surat dari tim gugus tugas, segala sesuatunya juga akan dipersiapkan. Seperti tempat cuci tangan dan alat pengukur suhu (Thermo Gun)," kata Fauzi.

Wakil Kepala Sekretariat Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Siak, Budhi Yuwono menyampaikan sejauh ini timnya tengah mempersiapkan skema penerapan protokol kesehatan untuk masuk dan keluar istana.

"Masuk ke area istana sekalipun akan diberlakukan standar Protokol Kesehatan COVID-19. Mekanisme lain juga tengah kita pertimbangkan. Seperti saat membeli tiket masuk, apakah nantinya kita sediakan tenda sekaligus kursi antri untuk menjaga jarak pengunjung yang sebelumnya tidak diberlakukan juga tengah kita pertimbangkan," kata dia.

Penerapan protokol kesehatan bagi wisatawan tidak hanya berlaku di istana saja. Hal serupa juga akan diterapkan di seluruh objek wisata di Kabupaten Siak. "Semua tempat wisata akan diterapkan hal itu," ucap Budhi.

Editor : Sahril

Berita Terkait