Niat Ambil Madu, Bakar Kayu dan Semak Usir Lebah Berujung Bui

Siak Kecil, katakabar.com - Warga Dusun Sena Desa Sungai Linau Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis. Belakangan diketahui berinisial Ms, bisa jadi tak terlintas sedikit pun dibenaknya menjalani kehidupan hari harinya di bilik penjara.

Tapi, roda nasib berkata lain, saat ini Ms di penjara lantaran ulahnya membakar sebatang kayu dan semak yang di simpul di bagian ujung untuk mengusir lebah mau ambil madu yang bersarang di batang pohon.

Meski sempat memadamkan api setelah tahu madu tidak ada di sarang lebah di batang pohon pinggir jalan persis depan kebun Juper Tampubolon.

Begitu ditinggal pelaku, api rupanya membesar menjalar hingga menghajar dan menghanguskan lahan seluas 20 hektar.

Menurut Kasat Reskrim Polres Bengkalis, Andrie Setiawan SH SIK didampingi Kanit Res Polsek Siak Kecil, Aipda Rudi Sirait meneruskan siaran Kapolres Bengkalis, AKBP Sigit Adiwuryanto, pengungkapan tindak pidana Karhutla bermula dari penyelidikan, olah TKP dan Gelar Perkara penanganan penyelidikan Karlahut yang terjadi di Dusun Sena Desa Sungai Linau Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, pada Selasa (11/2) sekitar pukul 08.00 WIB, kemarin.

Begini ceritanya kata AKP Andrie, pelaku mengajak temannya bernama Adi ke Jalan Kunti Ujung dengan menunggangi sepeda motor. Tujuannya ke sana, mau ambil madu yang bersarang di pinggir jalan pas depan kebun milik Juper Tampubolon.

Tiba di lokasi, tersangka ambil kayu dan mengambil tangkos kering terus mengikat di bagian ujung kayu dan membakarnya.

Kayu yang telah terbakar diletakkan di bawah sarang lebah, tersangka bersama temannya pergi sekitar 20 meter dari sarang lebah.

Tiga Puluh Menit kemudian, tersangka kembali ketempat lebah tadi dan berusaha mengambil madu, sarang lebah tidak ada madunya.

Kala itu di sekitar tempat kayu yang ditegakkan tersangka untuk mengusir lebah telah terbakar. Tersangka berupaya memadamkan dengan cara menyiram api dengan air dari parit, merasa apinya sudah padam lalu tersangka dan temannya pulang.

Besoknya, tersangka kembali ke lokasi disebabkan ada informas dari seorang warga, Badri lahan terbakar. Ms kembali berusaha memadamkan dan merasa api sudah padam tersangka lalu pulang ke rumah.

Naas, api bukannya padam tapi membesar membakar lahan sekitarnya sehingga warga sekitar bersama MPA dan personel Polsek berusaha untuk memadamkan apinya, pada Jumat (7/2) lalu, jelas Kasat Reskrim Polres Bengkalis.

Menurutnya, dari hasil penyelidikan, olah TKP, keterangan saksi-saksi, pengumpulan barang bukti dan Hasil Gelar Perkara dalam hal perkara ini, dapat ditingkatkan menjadi penyidikan dan menetapkan Ms sebagai tersangka pelaku pembakaran lahan dan Hutan yang terjadi di Dusun Sena Desa Sungai Linau Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, tegasnya.

Saat ini, pelaku beserta barang bukti berupa, Satu buah mancis warna biru, Satu batang kayu yang digunakan untuk membakar sarang lebah yang sudah dalam keadaan patah, Satu pokok kelapa sawit yang sudah terbakar dan Abu dan tanah bekas terbakar sudah diamankan ke Mako Polres Bengkalis, ujarnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait