Oval, Bentuk Wajah Paling Ideal Wanita Asia

  • Reporter:
  • 20 Desember 2017, 12:38:00 WIB
  • Internasional

BANGKOK (katakabar) - Oval merupakan bentuk wajah yang paling ideal untuk wanita Asia. Hal tersebut terungkap dari kesimpulan para dokter kecantikan dalam acara International Society for Dermatological Surgery (ISDS) ke-38 di Bangkok, Thailand, beberapa waktu lalu. 

Dengan alasan tersebut, Merz Aesthetics, perusahaan internasional penyedia perawatan kecantikan dan neurotoksin, meluncurkan buku pedoman medis terbaru. 

Buku itu bertujuan membantu dokter kecantikan mencapai bentuk wajah Asia yang proporsional. “Panduan medis ini berisi panduan bagi dokter untuk mencapai bentuk wajah yang disepakati sebagai bentuk wajah paling menarik untuk Asia, yaitu oval,” ujar Marketing Manager Merz Indonesia Hansen Gandhi di Hotel Sangri-La, Bangkok, Thailand.

Hal senada dikatakan ahli spesialis kulit dan kelamin dr Adri Dwi Prasetyo. Menurut Adri, pedoman itu untuk menghindari perbedaan pemahaman antara dokter dengan pasiennya. 

“Artikel tersebut bertujuan memberikan pelayanan yang baik kepada pasien,” ujar Adri. Ketika tidak ada panduan, pasien dan dokter yang menangani tidak memiliki pemahaman yang sama. “Pada akhirnya mungkin yang didapatkan itu tidak berjalan dengan baik, efektif, dan tidak memberikan nilai aesthetic yang baik,” tutur Adri. 

Dia menjelaskan, nilai aesthetic diperoleh dari golden ratio , ilmu pengukuran untuk menciptakan kesadaran publik bahwa rasio simetri wajah juga merupakan bagian dari kecantikan. 

Nah , Merz Aesthetics Advancement of Techniques (MAAT) Golden Ratio Search atau ajang pencarian wajah dengan proporsi paling ideal di Asia telah digelar sejak 1 Juli 2017. Dari 3000 peserta, 10 wanita di antaranya dinilai memiliki wajah paling proporsional di Asia.

Mereka di antaranya Michelle Lai, 21, asal Hong Kong; Noorin Sha, 27, asal India; Mitania Hendayani, 32, asal Indonesia; Jimyeong Jeong, 30, asal Korea Selatan; dan Salini Muniandy, 29, asal Malaysia. Kemudian, Tricia May Duncan, 21, asal Filipina; Nurun Nisha M Heallmy, 29, asal Singapura; Wendy Tzu-wen Hsu, 29, asal Taiwan; Panida Paopongrattanachai, 22, asal Thailand; dan Nguyen Thi Phuong Tuyet, 24, asal Vietnam. 

“Kami sangat takjub karena banyak partisipan di wilayah Asia memiliki wajah dengan proporsi yang sangat baik. Seperti inilah kami mengaplikasikan sains dalam dunia kecantikan,” ujar dr Owen Sunga, Direktur Eksekutif Merz Pharma Singapura. 

Adapun pengumuman 10 wanita berwajah proporsional di Asia itu merupakan rangkaian acara International Society for Dermatological Surgery (ISDS) ke-38. 

Sedangkan, lima juri yang menilai adalah dokter operasi plastik, dermatolog, dokter kecantikan, dan seorang perwakilan Merz Aesthetics selaku penyelenggara MAAT Golden Ratio Search. MAAT Golden Ratio Search bertujuan memberikan informasi dan pemahaman tentang proporsi dan daya tarik wajah kepada wanita asia. 

Editor :

Berita Terkait