Pandemi Corona, Jam Besuk Narapidana di Riau Masih Ditutup

Pekanbaru, katakabar.com - Kantor Wilayah Kemenkumham Riau hingga saat ini belum kevaki mengaktifkan layanan besuk bagi warga binaan di seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) yang ada di Riau.

Hal tersebut, dikatakan Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Riau, Maulidi Hilal lantaran resiko virus Covid-19 masih cukup tinggi di Riau.

"Belum, karena masih Covid," kata Hilal kepada katakabar com, Jumat (7/8).

Meski begitu, dijelaskan Maulidi pihaknya telah hadirkan fasilitas video call bagi keluarga yang ingin berbincang bersama warga binaan yang tengah menjalani hukuman.

"Kalau untuk fasilitas video call kita sudah lama hadirkan. Ini sebagai pengganti kunjungan. Bahkan juga keperluan persidangan," tambahnya.

Hal tersebut diterapkannya, bertujuan sebagai antisipasi resiko penularan dan penyebaran Covid-29 di Lapas dan Rutan yang ada. Bukan hanya belum mengaktifkan kembali jam besuk (kunjungan), pihaknya kini juga memperketat masuknya titipan untuk para warga binaan. Baik itu berupa makanan dan sebagainya.

"Kita periksa setiap titipan bagi warga binaan. Bahkan untuk kemasannya langsung kita ganti untuk antisipasi," paparnya.

"Kita sudah menyiapkan berbagai protokol kesehatan Covid-19, tapi Covid-19 nya tidak mau menggunakan protokol kesehatan," jelasnya.

Di samping itu, Maulidi juga menjelaskan bahwa pihaknya belum ada merencanakan untuk melakukan Rapid Test ataupun Swab PCR secara massal.

"Kita sudah bekerja sama dengan Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi maupun Kota dan Kabupaten se-Riau. Jadi, jika ada gejala terhadap petugas dan warga binaan kita akan lakukan Rapid Test, tapi sampai dengan saat ini alhamdulillah kondisi masih aman," tandasnya.

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait