Pandemi Corona, Pemprov Riau Tetap Larang Transportasi Umum Beroperasi

Pekanbaru, katakabar.com - Pemprov Riau melarang transportasi umum beroperasi di Riau. Sebab, Pandemi Covid-19 di Riau belum berakhir dan masih terjadi penambahan kasus baru.

“Kita menimbang program percepatan pemutusan mata rantai virus corona atau Covid-19 di Riau,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Riau, Taufik OH Jumat (7/5).

Taufik menyebutkan, jika izin untuk transportasi umum dikeluarkan oleh kementerian, itu merupakan kebijakan kementerian. Sedangkan untuk Riau tetap pada komitmen awal dengan melarang apa lagi dipergunakan untuk mudik lebaran.

"Kalau kita di Riau tidak akan mengeluarkan izin, karena kita tetap melarang mudik selama situasi dan kondisi wabah Covid-19 saat ini," tegasnya.

Menurut Taufik, transportasi yang diperbolehkan beroperasi bukan untuk kepentingan umum atau mudik pulang kampung. Tapi hanya untuk kepentingan seperti tenaga kesehatan, BNPB atau lainnya yang harus ditunjukan dengan bukti urusan.

"Contohnya tim kesehatan, mereka membawa obat atau lainnya ke suatu daerah itu boleh. Itupun harus bisa menunjukan surat tugas atau kepentingannya mengunakan transportasi," jelasnya.

Taufik kembali menegaskan, Pemprov Riau juga melarang kendaraan pribadi keluar daerah. Apalagi dipergunakan untuk kepentingan mudik atau pulang kampung.

"Kita juga tetap melarang untuk kendaraan pribadi, sampai batas waktu yang belum ditentukan. Tidak ada masyarakat yang boleh mudik menggunakan kendaraan pribadi, apa lagi naik kendaraan umum. Maka itu kembali kita sampaikan jika kita tetap melarang mudik meski ada pembukaan tranportasi untuk umum," tandasnya.

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait