Panen Nenas di Kuala Alam, Ini Harapan Wabup Bengkalis ke KT dan Bumdes

Bengkalis, katakabar.com - Wakil Bupati Bengkalis, Bagus Santoso panen nenas di perbatasan Desa Kuala Alam dan Penampi, pada Juma (18/6) kemarin. Adanya dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis ini, Kepala Desa (Kades) Kuala Alam, Sudihartono punya impian Desa Kuala Alam menjadi produsen nenas.

Harapan tersebut disampaikan Kedes Sudihartono saat panen nenas bersama Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis, Bagus Santoso di kebun kelompok tani di perbatasan Desa Kuala Alam dan Penampi.

"Kita kerja bersama warga, mudah-mudahan Desa Kuala Alam bisa menjadi "Desa Nenas" penghasil nenas. Tidak cuma itu, Kuala Alam, Kecamatan Bengkalis pun berharap jari penghasil Nenas," ujar Hartono sapaan akrab Kepala Desa Kuala Alam.

Kata Hartono, kebun nenas ini melibatkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Kuala Alam, saat ini Bumdes sedang menjalankan 4 unit usaha, selain simpan pinjam, ada perkebunan, pengolahan dan penjualan.

"Targetnya tidak cuma nenas, nanti ada produk yang bakal tumbuh di sini, seperti kelapa, karet dan lainnya.tap saat ini fokusnya nenas," jalasnya. 

Direktur Bumdes Kuala Alam, Zulkifli menambahkan, dari 211.000 penanaman bibit di lahan perkebunan nenas di atas lahan seluas 10 hektar ini telah dipanen sebanyak 60.000 nenas. 

"Panen kali ini sebanyak 7.000, besok sekitar 6.000 bakal dipanen dan kirim ke Jakarta langsung," bebernya.

Direktur Bumdes yang kerap menjadi pembicara bahkan dijadikan percontohan atas keberhasilan Bumdesnya ini mengatakan, kini kelompok tani tengah bersemangat menanam nenas, sebab telah mendapatkan pengepul yang menjamin penampungan nenas dari Desa Kuala Alam.

"Bersamaan kedatangan Wabup Bengkalis, Santoso, perdana buah nenas dikirimkan ke Jakarta. Dan In Shaa Allah ke depan bakal terus melakukan pengiriman. Intinya, saat masyarakat menanam telah terjamin akan dibeli."

Nenas yang dijual ke Jakarta nenas-nenas yang hampir matang. Nenas yang telah berwarna kuning cerah ini dijadikan keripik, sebab bakal busuk jika dikirim ke Jakarta. 

"Terhadap nenas yang telah masak ini, dijadikan keripik, kita menggunakan sistem reseller, dimana di desa-desa itu bakal menampung untuk di jual kembali," ceritanya.

BRGM RI Perwakilan Riau telah memberikan dukungan sejumlah bantuan perkembangan kebun nenas dengan anggaran Rp100 juta untuk lahan seluas 5 hektar nenas.

"Bantuan lainnya yang diberikan BRGM, sekat kanal guna menghindari kebakaran, bantuan alat untuk pengelolaan kripik nenas yang mana saat ini kapasitas baru 8 kilogram per hari. Ke depan kita targetkan bisa mencapai 70 kilogran per hari atau 1000 buah perhari," ujar BRGM RI Perwakilan Riau, Muthoin singkat.

Wabup Bupati Bengkalis, Bagus Santoso sampaikan rasa bangganya kesuksesan kelompok tani serta Bumdes dan Kades Kuala Alam. 

"Di Desa Kuala Alam Kecamatan Bengkalis yang berdampingan dengan Desa Penampi,  dua desa ini potensi andalan adalah nenas. Pemkab Bengkalis sambut  baik dan mendukung bagaimana  desa ini menggali potensinya untuk difokuskan."

Apresiasi kepada Direktur Bumdes gesit bersama Kades Kuala Alam, begitu pula Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) yang ikut terlibat dengan memberikan pendampingan serta bantuan.

"Kami Pemkab Bengkalis terpanggil saat petani telah gegap gempita, saat petani telah berhasil dalam menanam nenas, kami hadir di sini mewakili Pemkab dan Bupati sangat senang."

Adanya komoditas nenas andalan petani Desa Kuala Alam ini dapat dimanfaatkan untuk menopang perkonomian masyarakatnya.

"Saat potensi ini telah dikembangkan, ada pendapatan dan Desa bakal menjadi Desa yang berkembang dan maju," imbuhnya.

Dalam pada itu, selepas rapat pemberian rekomendasi pelaksanaan kegiatan salama masa pandemi di Kabupaten Bengkalis. Orang Nomir 2 di 'Negeri Junjungan' ikut bersama kelompok tani memanen nenas.

"Memilih nenas yang layak panen, menebas rerumputan yang mengganggu, serta memetik buah nenas dengan menggunakan parang. Bahkan turut membantu petani mendorong kendaraan pengangkut hasil panen untuk dibawa ke gudang."

Editor : Sahdan

Berita Terkait