Corona Riau

Pasien Positif Corona di Riau Melonjak Jadi 7 Orang

Pekanbaru, katakabar.com - Jumlah pasien positif terjangkit virus Corona (covid-19) di Riau bertambah menjadi 7 orang, setelah terjadi penambahan 4  kasus baru pada Kamis hari ini (2/4).  

Juru Bicara Tim Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, dr. Indra Yovi saat di konfirmasi membenarkan adanya penambahan pasien yang dinyatakan positif Corona itu.

"Benar, ada penambahan 4 orang," katanya.

Ia merincikan pasien pertama yakni DS (31) yang merupakan warga Pekanbaru. Saat ini pasien telah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Ia diketahui memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit, yakni dari Sumatera Barat pada tanggal 23 Maret 2020.

Pasien berikutnya yakni R (58) yang merupakan warga Pekanbaru, dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. R juga memiliki kontak dengan suaminya yang berstatus PDP. Namun, dari hasil uji swab dari sang suami adalah negatif covid-19.

Kemudian, SA (61) yang merupakan warga dan berdomosili di Bogor. Saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Dumai. Pasien SA memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit, yakni dari Bogor pada tanggal 12 Maret 2020 lalu.

Terakhir, RBT (50) yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan. RBT juga memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit, yakni dari Jakarta pada tanggal 13 Maret 2020 lalu. Saat RBT sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.

"Dengan penambahan kasus positif ini, Dinas Kesehatan Provinsi Riau langsung melakukan tracing kontak dari pasien DS (31), R (58), SA (61), dan RBT (50). Dalam melakukan tracing ini kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan kabupaten/kota dan Polda Riau," bebernya.

Untuk diketahui, dari 7 pasien yang positif tersebut, 1 orang pasien telah dinyatakan sembuh dan telah diperbolehkan pulang ke kediamannya. 

Untuk ODP tercatat sebanyak 20.004 orang. Sementara 1.906 orang diantaranya telah dinyatakan selesai dilakukan pemantauan. Kemudian, untuk jumlah PDP tercatat sebanyak 119 orang. Dari jumlah itu 79vdinyatakan dirawat dan 38 orang telah dipulangkan. Sementara hari ini juga, satu PDP di kota Dumai dinyatakan meninggal dunia. Sehingga jumlah PDP meninggal dunia sebanyak 2 orang.

"Melonjaknya data ODP (orang dalam pemantauan) di Provinsi Riau dikarenakan siapapun yang masuk ke Riau dari daerah terjangkit melalui jalur udara atau laut langsung berstatus ODP dan diberi kartu ODP.

Dengan ditetapkannya status mereka menjadi ODP, maka ini dapat memudahkan pemerintah melakukan pemantauan dari karantina mandiri maupun karantina yang dilakukan pemerintah yang harus mereka jalani selama 14 hari," jelasnya. (Syahrul)

Editor : Anggi

Berita Terkait