Pedangdut Iyeth Bustami Deklarasi Maju di Pilkada Bengkalis

Pekanbaru, Katakabar.com – Penyanyi dangdut ternama Sri Barat atau Iyeth Bustami menyatakan dirinya maju di Pilkada Kabupaten Bengkalis 2020. Dia sebagai bakal calon Wakil Bupati Bengkalis akan mendampingi Kaderismanto sebagai bakal calon Bupati.

Iyeth mengatakan, salah satu motivasinya maju di Bengkalis adalah ingin mengembangkan Bengkalis khususnya dalam melestarikan kesenian tradisional Melayu.

"Saya telah berjuang untuk melestarikan budaya Melayu (sebagai penyanyi) sejak dulu hingga di titik sekarang ini. Memang tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan. Sekarang ini budaya kita tergeserkan oleh kemajuan teknologi. Saya sangat sedih dengan kondisi anak-anak milenial yang sekarang ini cenderung tidak mau viralkan budaya kita. Mereka lebih cinta dengan budaya luar," kata Iyeth Bustami di Pekanbaru, Sabtu (22/8).

Iyeth mengaku akan berupaya untuk menguatkan budaya serta mengajak peran ibu-ibu memberikan pendidikan dan pemahaman kepada anak-anaknya agar tetap bisa mencintai budaya Melayu.

Terkait keterlambatannya muncul di kontestasi Pilkada Bengkalis 2020 di Bengkalis, Iyeth mengaku perlu mematangkan sikap untuk maju.  Dia mengaku bukan pertama kali terjun ke dunia politik, namun dia pernah menjadi calon anggota DPR RI pada 2014, namun gagal.

“Tahun 2014 lalu saya menjadi calon legislatif, namun belum beruntung,” kata Iyeth.

Pelantun tembang “Laksmana Raja di Laut” itu juga mengaku bukan orang baru di Partai Kebangkitan Bangsa yang menjadi partai pendukungnya dalam Pilkada Bengkalis. Sebab, saat di pemilihan legislatif 2014, dia maju dari partai PKB.

"Saat ini saya merasa harus kembali ikut berjuang membangun Bengkalis. Sebab, ini adalah kampung halaman saya. Saya ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya Bengkalis untuk bersama-sama gunakan hati nurani yang tulus dan ikhlas menentukan nasib kampung halaman kita ke depan. Agar menjadi lebih baik bersih dan bermartabat," tandasnya.

Sementara itu, Kaderismanto mengatakan dirinya maju di Pilkada Bengkalis 2020 karena diberikan kepercayaan oleh PDIP. Sebagai Sekretaris DPD PDIP Provinsi Riau, Kaderismanto bertekad untuk maju dengan modal 6 kursi di DPRD Bengkalis.

Apalagi saat ini dia duduk sebagai Wakil Ketua DPRD Bengkalis dari partai berlambang banteng tersebut. Kemudian Kaderismanto mendapat dukungan dari PKB dengan berpasangan dengan Iyeth Bustami. PKB menyumbang 3 kursi sehingga mencukupi untuk maju dengan persyaratan minimal 9 kursi di DPRD Bengkalis.

"Niat dan semangat maju pada Pilkada Bengkalis 2020 ini, tentu tidak terlepas dari melihat kondisi real yang pada akhir-akhir ini cukup memprihatinkan di Bengkalis. Dengan APBD yang begitu besar tapi belum mampu menyentuh semua kepentingan dan kebutuhan dasar masyarakat," ucap Kade, sapaan akrabnya.

Kade yang juga telah dua periode menjadi anggota DPRD Bengkalis itu, Ia memahami betul tentang apa yang terjadi di kabupaten Bengkalis.

"Oleh karena itu kami bercita-cita untuk memang betul-betul memanfaatkan APBD ini kepentingan masyarakat," terangnya.

Menurutnya, banyak kebutuhan dasar masyarakat yang belum terselesaikan baik di bidang kesehatan, perumahan rakyat, pendidikan, begitu juga lainnya seperti pariwisata dan infrastruktur.

Tak hanya itu, Kade juga menyebutkan banyak potensi-potensi daerah yang sampai hari ini belum tergali dan belum termanfaatkan dengan baik.  Padahal, lanjut Kade, Bengkalis sebuah kabupaten yang cukup kaya sumber daya alamnya.

"Salah satu target kita yakni menggali potensi daerah yang kemudian dapat membangun pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru bagi masyarakat. Tentu nantinya ini juga menjadi salah satu pendapatan daerah," tandasnya.

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait