Pembangunan Mega Proyek RSUD Rohul Terbentur Audit BPKP, Ah Masa Iya!

Pasir Pengaraian, katakabar.com - Sengkarut pembangunan mega proyek Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Rokan Hulu pelan-pelan terkuak. Salah satu sebab mega proyek yang telah menelan duit rakyat puluhan miliar rupiah mangkrak lantaran terbentur audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Inspektorat Kabupaten Rokan Hulu.

Benarkah! Dari catatan katakabar.com kelanjutan pembangunan gedung baru RSUD Kabupaten Rokan bisa dilanjutkan, bila perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Riau sudah melakukan audit keuangan.

BPKP Provinsi Riau menyebut gedung baru RSUD milik Kabupaten Rokan Hulu belum dilakukan audit penggunaan keuangan dan fisik bangunan gedung berlantai enam tersebut.

"Hingga kini perwakilan BPKP Provinsi Riau belum mengaudit penggunaan keuangan dan fisik bangunan gedung RSUD Rokan Hulu," kata Humas BPKP Riau, Daridin kepada katakabar.com di kantornya, pada Senin (11/10) lalu.

Dijelaskan Daridin, pihaknya tidak bisa mengeluarkan press realis soal audit keuangan dan bangunan RSUD Kabupaten Rokan Hulu, soalnya belum pernah dilakukan audit BPKP Provinsi Riau. Apalagi saat ini gedung baru RSUD tengah ditangani inspektorat Rokan Hulu atas dasar permintaan Kejaksaan Negeri Kabupaten Rohul.

"Kita sudah dapat informasi dari Tim teknis, ternyata Inspektorat Kabupaten Rokan Hulu yang tangani. Kalau ke kita tidak ada permintaan APH mengenai RSUD Kabupaten Rohul, cuma Kejari Rokan Hulu meminta Inspektorat Rohul untuk audit," ceritanya.

Inspektorat Rohul sudah berkonsultasi soal itu ke BPKP Riau. Lantaran kasus ini ditangani Inspektorat Rohul, BPKP perannya cuma sebatas menyediakan sarana konsultasi bagi inspektorat.

Apakah sebelumnya BPKP Riau mengetahui hasil audit teknis yang dilakukan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau (UNRI) sesuai permintaan Pemkab Rohul tahun 2019 lalu.?

"Kita belum mengetahui pasti tentang hasil audit internal yang mereka lakukan, soalnya kita tak ikut ekspos. Saya tak bisa menjawab soal itu nanti takut salah jawab, soalnya kita tak ikut ekspos," tegasnya.

Pembangunan gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Rokan Hulu berawal pada tahun 2012 silam, dan sempat terhenti pada tahap III. Di tahun 2016 lalu, BPKP Riau dikabarkan sempat mengeluarkan rekomendasi untuk kelanjutan pembangunan gedung RSUD Rohul.

Pembangunan gedung baru RSUD berlantai enam itu kembali dilanjutkan pada tahap ke IV, seyogianya gedung tersebut sudah berfungsi dan beroperasi. Tapi, gedung baru RSUD kebanggaan masyarakat Kabupaten Rokan Hulu kini bak terlantar dan mangkrak. 

Editor : Sahdan

Berita Terkait