Cegah Virus Corona

Pemerintah Mesti Konsentrasi Pada Orang Dalam Pemantauan

Duri, katakabar.com - Mengantisipasi dan mencegah penyebaran mewabahnya Covid 19 di Negeri Junjungan nama lain dari Kabupaten Bengkalis dengan karakteristik wilayah kepulauan dan daratan. 

Pemerintah mesti konsentrasi pada Orang Dalam Pemantauan (ODP) salah satu istilah yang viral belakangan setelah Virus Corona memasuki Indonesia. 

"Antisipasi penyebaran dan mewabahnya Virus Corona di Kabupaten Bengkalis, Pemerintah mesti konsentrasi pada ODP," tegas salah satu Pengurus Pelayanan Kesehatan di Kecamatan Mandau, Elfiedi Syopian, saat siluturahmi dan sosialisasi Covid 19 di Duri Minggu (22/3).

Kata Elfiedi, ada Tiga istilah populer belakangan terdengar Telinga sejak Virus Corona masuk ke Indonesia. Pertama, Orang Dalam Pemantauan (ODP), kedua, Pasien Dalam Pemantauan (PDP) dan Positif tetrjangkit Virus Corona.

Penyebaran Covid 19 berbahaya, kalau awalnya Corona tidak mampu bertahan di daerah tropis dengan diatas 30 derajat, tapi kini Virus mampu bertahan 9 Jam di daerah tropis.

Lantaran itu, upaya antisipasi dan pencegahan konsentrasi pada ODP, khususnya orang yang datang dari suatu daerah tertentu perlu penjaringan sebanyak banyaknya, imbaunya.

Persiapan alat kesehatan mesti diperhatikan guna memaksimalkan perawatan pasien positif Covid 19. Sistim kerja penangkalan, seperti, penyebaran informasi virus corona yang benar dan akurat, ini untuk menimalisir warga terjangkit, jelasnya.

Bendahara DPD PKS Kabupaten Bengkalis, Pidel fuadi menekankan, Virus Vorona cukup berbahaya bisa mengancam setiap saat. Kita berperang lawan yang tidak nyata bukan melawan yang nyata.

Bayangkan, Virus Corona masa inkubasi sudah menularkan kepada orang lain. Inkubasi Virus ini selama 14 hari lamanya. Itu sebabnya, potensi penyebaran cukup besar di Kabupaten Bengkalis, mengingat letak geografis daerah ini.

Cerita Pidel, Tahun 1960 lampau, Virus ini sudah ditemukan. Pada 2003 silam muncul virus Sars terus 2014 lalu muncul Mers dan setahun kemudian muncul lagi Sars. Pada 2019 lalu muncul Sars dan pada 2020 ini muncul Covid 19 yang menggemparkan Dunia.

"Ketidaksiapan kita semua, khususnya Pemerintah dipertanyakan untuk melawan Virus Corona. Jadi mesti disikapi dari sekarang sebelum Covid 19 mewabah dan menyebar."

Mantan Anggota DPRD Bengkalis ini menekankan masyarakat Duri mesti peduli terkai bahaya Virus setiap saat mengintai warga.

"Jangan sepele dengan Covid 19, tingkatkan daya tahan tubuh, makan makanan bergizi dan konsumsi sayur mayur serta jangan keluar rumah guna mengantisipasi penyebaran," serunya.

Ditegaskan Pidel, jika masyarakat kurang peduli bisa fatal akibatnya, sebab Virus ini cepat menular ke orang lain. Cari tahu informasi tentang Covid 19 yang benar dan akurat.

"Intinya menangkal mesit tingkatkan daya tahan tubuh, makan bergizi dan jangan stres. Masyarakar mohon laksanakan imbauan-imbauan dari Pemarintah," ajak Pidel lagi.

Politisi PKS ini singgung soal minimnya alat alat kesehatan menghadapi serangan Covid 19. 

"Minim peralatan kesehatan punya resiko tinggi terhadap petugas medis sebagai garda terdepan dalam penanganan pasien yang terpapar Covid 19.

Informasi terakhir sudah 6 orang tenaga medis meninggal disebabkan terpapar Viru Corona," sebutnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait