Ini Bisa Jadi Gambaran Pilkada Bengkalis

Pemilihan BPD Kisruh, Panitia Terkesan Tak Netral

Duri, katakabar.com - Gelombang protes para calon di pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di dua desa, meliputi Tambusai Batang Dui dan Pematang Obo, Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis terus bergulir.

Panitia pemilihan BPD di dua desa itu dianggap tak netral disebabkan adanya temuan - temuan terjadi dugaan kecurangan dalam proses pemilih.

Pemilihan BPD di Desa Tambusai Batang Dui, persisnya di Dusun Tanah Mungkal, para calon merasa dirugikan sesudah perhitungan suara.

Ada beberapa pemilih bukan warga Dusun punya hak memilih. Kejanggalan lain cukup banyak diduga disebabkan tidak netralnya panitia pemilihan.

"Pada pemilihan BPD di Dusun Tanah Mungkal, Desa Tambusai Batang Dui ada beberapa persoalan selepas perhitungan suara disebabkan tidak netralnya panitia pemilihan BPD," kata Zulkifli Syakban disapa akran Ucu Pili kepada katakabar.com di Duri, pada Selasa (15/9) siang.

Lantaran cukup banyak persoalan ujar Ucu Pili, kami minta kepada pihak panitia agar disikapi kembali temuan - temuan yang dijumpai di lapangan.

Kami minta kepastian hukum dan seterusnya lakukan pemilihan ulang di Dusun Tanah Mungkal. Ini bukan soal kalah menang tapi persoalan kebenaran yang hakiki agar demokrasi benar - benar adil, imbau Zulkifli.

Kisruh pemilihan BPD terjadi di Desa Pematang Obo, para peserta calon BPD protes kepada panitia pemilihan disebabkan tidak netral.

Kejadiannya persis sama dengan Desa Tambusai Batang Dui, pemilih bukan warga di satu RW bisa memilih sebagai perwakilan warga RW tersebut.

Celakanya, panitia dalam proses pemilihan BPD menambahkan persayaratan di luar Peraturan Daerah tentang pemilihan BPD yang berlaku saat ini.

Salah seorang peserta calon BPD, Musliadi protes ke panitia pemilihan lengkap dengan bukti - bukti dugaan kecurangan saat proses pemilihan BPD. Bahkan persoalan dugaan kecurangan sudah disampaikan ke pemerintah setingkan lebih tinggi dan ke salah seorang Anggota Legislatif (Aleg) Kabupaten Bengkalis.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebuah lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. BPD dapat dianggap sebagai "parlemen"-nya desa. 

Lantaran BPD berfungsi menetapkan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

Editor : Sahdan

Berita Terkait