Pemkab Siak Pastikan Stok Beras Aman dan Harga Stabil Jelang Lebaran di Tengah Covid-19

Siak, katakabar.com - Pemerintah Kabupaten Siak memastikan kondisi stok komoditas pangan strategis dan harganya masih aman dan stabil jelang lebaran di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di daerah ini.

"Sampai bulan depan, kita jamin stoknya aman. Saat ini kita punya stok beras sebanyak 1.182 ton," kata Pejabat (Pj) Sekda Siak Jamaluddin kepada katakabar.com, Selasa (19/5). 

Karena itu harga beras di Kabupaten Siak masih katagori stabil dengan harga Rp12,600 per kilogramnya. Kendati begitu, Pemkab Siak tetap mendorong agar para petani menanam padi lebih awal. 

"Ini kan sudah masuk musim hujan. Jadi sudah bisa menanam. Sejak awal Januari, dari total 4.904 hektare luas lahan persawahan di Siak, 4,037 hekatre-nya sudah ditanam padi. Diperkirakan Juli-Agustus panen dan hasilnya bisa mencapai 23 ton lebih. Diperkirakan per hektare bisa menghasilkan 4-6 ton gabah," kata dia.

Lahan persawahan yang akan di panen pada bulan itu terletak di Kecamatan Bungaraya, Sabak Auh dan Sungai Mandau.

Selain padi, Pemkab Siak juga mendorong agar para petani menanam komoditas lainnya seperti jagung, ubi dan kedelai. Hal ini guna memenuhi kebutuhan pokok jika wabah Covid-19 terus terjadi.

"Kita sangat mendorong warga mengalih fungsikan lahan sawitnya ke persawahan atau lainnya," kata Jamal.

Bahkan, sejak beberapa tahun belakangan ini, alih fungsi lahan sawit menjadi persawahan sudah mencapai 2.500 hekatare yang tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Siak. 

"Baru-baru ini, kita juga telah membuka lahan baru yang difungsikan untuk persawahan selusa 250 hekatare di Kampung Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit. Ini semua dilakukan sebagai salah satu upaya Pemkab guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Siak," tersang Jamal.

Editor : Sahril

Berita Terkait