Pencoblosan Pilkada Diusulkan Pakai Shift

Meranti, katakabar.com - Tahapan Pilkada Bupati-Wakil Bupati Kepulauan Meranti mulai menghangat. Khusus di Kecamatan Tebing Tinggi Timur, tahapan itu ditandai dengan pelantikan panitia pemungutan suara (PPS) yang dihadiri Camat Rudi Hasan di aula Kantor Camat, Senin (15/6).

Sebanyak 23 anggota PPS se-Kecamatan itu yang dilantik. Mereka berasal dari desa Sungai Tohor, Sungai Tohor Barat (STB), Nipah Sendanu, Sendanu Darul Ihsan (SDI), Tanjung Sari, Tanjung Gadai, Teluk Buntal, dan Kepau Baru.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Mukhtar dan dihadiri Panwascam, serta Bhabinkamtibmas. 

"Jumlah total PPS ada 30 orang namun pelantikan di Sungai Tohor hari ini kita lakukan untuk 23 orang. Karena kendala transportasi, tujuh orang lagi pelantikannya kami titip di pelantikan PPS Kecamatan Tebing Tinggi. Mereka adalah PPS Desa Lukun dan Desa Batin Suir," kata Mukhtar.

Dia juga meminta para PPS menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya dan melakukan koordinasi dengan pihak desa dalam pelaksanaan tahapan pilkada tersebut.

Sementara itu Camat Rudi Hasan mengucapkan selamat atas pelantikan PPS tersebut. Dia berpesan agar PPS bekerja susuai aturan yang ditetapkan.

"Pelantikan PPS hari ini menandai tahapan pilkada sudah dimulai. Salah satu tugas paling dekat adalah penyiapan data pemilih. Saya berharap ada koordinasi dengan aparatur desa agar data pemilih yang disiapkan betul-betul akurat," ungkap dia.

Rudi juga minta PPS memperhatikan protokol antisipasi covid-19 dalam pelaksanaan tahapan pilkada. Untuk itu pihak PPS dapat berkoordinasi dengan gugus tugas covid-19 tingkat desa agar tahapan-tahapan itu terlaksana sesuai ketentuan dalam new normal.

"Saya menyarankan saat pencoblosan nanti terjadwal atau pakai shif. Dalam undangan, sudah dicantumkan jam atau waktu pemilih itu datang sehingga tidak banyak yang berkumpul di TPS menunggu giliran. Kita juga perlu menyiapkan tempat cuci tangan, dan meminta pemilih wajib menggunakan masker," ujar Rudi.

Menurutnya, pilkada yang berkualitas akan terwujud dari kinerja PPS yang berkualitas pula. Hasilnya berupa tingginya partisipasi pemilih dan lancar serta amannya setiap tahapan yang terlaksana.

Editor : Anggi

Berita Terkait