Penetapan UMP Riau 2022 Sebentar Lagi, Gimana UMK 2022 Bengkalis?

Bengkalis, katakabar.com - Penetapan Upah Minimun Kabupaten (UMK) di Kabupaten Bengkalis untuk tahun 2022 mendatang masih 'abu-abu" alias belum jelas, lantaran belum ada terdengar informasi mengenai rapat-rapat yang melibatkan dewan pengupahan untuk penetapan upah tersebut.

Sedang, penetapan Upah Minimum Proovinsi (UMP) tahun 2022 mendatang di tingkat Provinsi Riau terus berproses, dan penetapan UMP tahun 2022 telah direncanakan sebelum 21 November 2021, bakal ditetapkan Gubernur Provinsi Riau jadi UMP.

Begitu pun estimasi penetapan UMP tahun 2022 mendatang di tingkat Provinsi Riau telah disepakati sebesar Rp2.938.564, naik Rp50.000 dibanding tahun 2021 sebesar Rp2.888.563.

Mengingat waktu kurang dari dua bulan lagi terhitung dari sekarang, tahun 2021 ini bakal barakhir. Pemerintah Kabupaten Bengkalis lewat pihak terkait dan lembaga lainnya yang terlibat pada penetapan UMK mesti bekerja keras agar bisa ditetapkan tepat waktu sesuai keinginan bersama, sehingga tidak menimbulkan spekulasi di ranah publik.

Salah satu anggota dewan pengupahan Kabupaten Bengkalis, Ridwan Marbun kepada katakabar.com di Duri pada Kamis (18/11) menyoroti terkesan lambannya proses penetapan UMK di 'Negeri Junjungan' nama lain dari Kabupaten Bengkalis ini.

"Soal penetapan UMK di Kabupaten Bengkalis, setahu saya belum ada proses dan progres jadi wajar menimbulkan ragam pertanyaan dan spekulasi di ranah publik," ujarnya.

Dijelaskan Ridwan, penetapan UMK Kabupaten Bengkalis mesti sejalan dengan penetapan UMP Provinsi Riau. Begitu Gubernur Riau menetapkan UMP nanti,  dilanjutkan serentak penetapan UMK se Kabupaten dan Kota se Riau.

"Untuk pedoman penetapan UMK Undang-Undang Cipta Kerja, dimana indikatornya tetap disesuikan dengan data Badan Pusat Statistik (BPS), dan indikator-indikator lainnya," ulasnya.

Masalahnya sambung Ridwan, gimana mengimplentasikan Undang-Undang cipta kerja sedang pejabat yang berwenang tidak bisa mensosialisasikannya, sebab setakat ini Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bengkalis belum defenitif, masih dijabar Plt atau Pjs.

Menariknya lagi kata Ridwan, UMK Bengkalis tahun 2021 sebesar Rp3 juta lebih. Sedang UMP Riau tahun 2021 sebesar Rp2,8 juta lebih, ada perbedaan angka signifikan mengenai UMK Bengkalis dan UMP Riau ini.

"UMK Bengkalis tahun 2021 sebesar Rp3 juta lebih itu sebenarnya dilema untuk penetapan UMK tahun 2022, sebab bicara nilai nominal penetapan UMK cenderung naik bukan turun," jelasnya.

Harapannya, kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis lewat pihak terkait dan berwenang segera mengagendakan rapat-rapat UMK tahun 2022 mendatang biar bisa ditetapkan tepat waktu sebelum berakhir tahun 2021 ini, sebutnya.

Editor : Sahdan

Berita Terkait