Pengamat: Halim-Komperensi Paslon yang Dibutuhkan Warga Kuansing

Pekanbaru, Katakabar.com - Paslon Halim Komperensi dinilai paling menguasai panggung dan paling dibutuhkan masyarakat Kuantan Singingin. Itu terlihat saat debat kandidat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kuansing pada Senin 30 November lalu menunjukkan kualitas dan kuantitas masing-masing.

Pengamat Politik Riau, Saiman Pakpahan mengatakan, Halim dan Komperensi sangat tepat menjadi paslon idola. Sebab, visi misi mereka dianggap paling jitu.

"Visi misi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, Halim-Komperensi sesuai dengan kebutuhan masyarakat," kata Saiman, Rabu (2/12).

Selain itu, latar belakang Komperensi yang berasal dan anggota dewan dinilai menjadi jembatan untuk membangun Kuantan Singingi menjadi daerah yang lebih maju akan lebih mudah. Ditambah lagi Halim yang selama ini menjadi Wakil Bupati Kuansing, memiliki pengalaman di sektor birokrasi.

"Artinya Halim dan Komperensi memiliki pergaulam politik sehingga lebih mudah membangun Kuansing. Apalagi visi misinya sangat masuk akal sesuai keinginan masyarakat," jelas dosen Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Riau tersebut.

Paslon Halim Komperensi bertekad untuk memberikan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Kuansing.

Hal tersebut disampaikan Halim saat menyampaikan pemaparan visi, misi dan strategi maju pada Pilkada Kuansing 2020.

Visi yang dipaparkan pasangan Halim - Komperensi yakni terwujudnya masyarakat Kuansing yang mandiri, sejahtera, berbudaya, berbasis sumber daya manusia yang unggul dan berakhlak mulia (Mantab Bersama).

Untuk mewujudkan visi tersebut dipaparkan Halim, ada 10 point misi yang akan dijalankan bersama Komperensi apabila terpilih nantinya menjadi bupati dan wakil bupati. 

Pertama mewujudkan pemerintahan yang efektif, bersih dan demokratis melalui penyelenggaraan pemerintahan yang profesional, aspiratif, partisipatif dan transparan.

Kedua meningkatkan kebersamaan dan kerjasama antara pemerintah pelaku usaha dan kelompok-kelompok masyarakat untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat. Membangun kemandirian ekonomi dan kesejahteraan masyarakat dengan mengoptimalkan sumberdaya daerah yang berpijak pada pemberdayaan masyarakat, berkelanjutan, dan berwawasan lingkungan.

Kemudian meningkatkan sumber-sumber pendanaan dan ketepatan alokasi investasi pembangunan melalui penciptaan iklim yang kondusif untuk pengembangan usaha dan penciptaan lapangan kerja.

Meningkatkan potensi wisata dan kebudayaan daerah melalui pembangunan infrastruktur pendukung serta mengoptimalkan media promosi. Mengoptimalkan ketepatan alokasi program pembangunan dan distribusinya untuk peningkatan kesejahteraan rakyat.

Selanjutnya meningkatkan kecerdasan dan kwalitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Meningkatkan pelayanan bidang kesehatan, pendidikan dan sosial dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kearifan lokal.

Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana publik dengan memperhatikan kelestarian lingkungan. Terakhir mendorong terciptanya ketentraman dan ketertiban dalam kehidupan beragama , bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui pembentukan peraturan daerah, dan pelaksanaan hukum yang berkeadilan.

Halim berharap dirinya bersama Komperensi nantinya bisa terpilih menjadi Bupati dan Wakil bupati Kuansing untuk periode berikutnya.

"Saya sudah bertekad dengan buk Komperensi akan bersama-sama membangun Kuansing demi mewujudkan apa yang menjadi visi dan misi kami berdua," kata Halim.

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait