Penggalian Proyek Kabel Fiber Optik Tak Kantongi Izin di Bantan

Bantan, katakabar.com - Penggalian kabel fiber optik sepanjang Jalan di kawasan Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Riau diduga belum kantongi izin.

Selain tidak kantongi izin, proyek penanaman kabel fiber optik tahun 2021 ini terkesan tertutup dan ditutupi pihak pelaksana lantaran tidak ada papan nama proyek sebagai informasi ke masyarakat umum.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, lewat Kabid Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu tak mau ditulis namanya kepada katakabar.com pada Rabu (9/6) kemarin mengatakan, tidak ada mengeluarkan atau menerbitkan izin mengenai penggalian untuk keperluan proyek kabel fiber optik, ujarnya seraya menyarankan ke pihak Dinas Pekejaan Umun dan Perumahan Rakyat.

Dinas PUPR Bengkalis sejalan dengan DPMTSP Kabupaten Bengkalis, tidak ada mengeluarkan izin penggalian.

"Dinas PUPR Bengkalis lewat staf Tata Ruang tidak ada menerbitkan izin penggalian. Tapi pihak pelaksana proyek sudah memberi tahu kegiatan penggalian. Kita telah menyarankan ke pihak pelaksana untuk berkoordinasi kepada kepala Desa yang terkena wilayah penggalian tersebut, jelas Yan.

Pihak Telkomsel lewat Supervisor, Rizal saat ditemui wartawan di kantornya menjelaskan,  proyek penggalian bodi jalan untuk penanaman kabel fiber optik milik Telkomsel.

"Lelang proyek tidak di Bengkalis. Itu dilelang di pusat dan kegiatan di pusat. Soal izin penggalian sudah ada, meski saya belum sempat lihat."

Izin penggalian diikeluarkan Dinas PUPR Bengkalis. Proyek ini dikerjakan pihak ketiga dan mereka yang mengurus izinnya. Kita selaku pemilik kegiatan mengontrol dan mengawasi agar kegiatan tersebut tidak ada masalah. Apalagi merusak hak masyarakat, dan mereka pihak ketiga bertanggung jawab, termasuk pemadatan kembali atas penggalian yang telah dilakukan.

Soal papan nama proyek, saran saya silahkan lihat ke kantor Kodim memang tak ada papan nama proyek tapi barak para pekarja dan pipa optik ada di sana.

Editor : Sahdan

Berita Terkait