Perdana Ngantor, Bupati Pelalawan Paparkan RPJMD Pelalawan Maju

Pelalawan, katakabar.com - Perdana masuk kantor, setelah resmi jadi Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan, Zukri Misran-Nasarudin, gerak cepat memimpin rapat bersama dengan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan, di kantor Bupati Pangkalan Kerinci, pada Selada (27/4).

Rapat yang dipusatkan di ruang Auditoroum lantai 3 kantor Bupati Pelalawan, membahas orientasi RPJMD, dan penanganan prioritas penanggulangan Covid 19.

Sekdakab Pelalawan, Tengku Mukhlis, Kepala Bappeda Pelalawan, Syahrul Syarif , Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan, Asril, serta seluruh Kepala OPD dan Camat di lingkungan Pemkab Pelalawan turut hadir.

"Rapat ini kita gelar untuk membahas orientasi atau pengenalan RPJMD sesuai dengan visi dan misi kami, 'Pelalawan Maju' kepada para Kepala OPD dan Camat. 'Pelalawan Maju', Maju SDM yang Agamis, Maju Ekonomi,  Maju Infrastruktur, Maju Wisata dan Budaya, dan Maju Layanan Pemerintahan," jelas Zukri.

Kata Ketua DPD PDIP Riau ini, selain membahas orientasi RPJMD untuk mengejar kemajuan Pelalawan, rapat ini dilaksanakan untuk membahas langkah cepat penanganan dan penanggulangan Covid 19.

Soalnya, saat ini 'Negeri Seiya Sekata' nama lain dari daerah Pelalawan telah berstatus zona orange penyebaran virus Corona. Bahkan, Ibukota Kabupaten Pelalawan, Kecamatan Pangkalan Kerinci, telah ditetapkan sebagai daerah zona merah dampak meningkatnya penyebaran virus Corona yang signifikan.

"Jadi, selain orientasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pelalawan Maju, kami mau mengetahui seperti apa penyebaran kasus Covid 19 di Pelalawan, agar dapat di carikan solusi dan langkah cepat penangannya secara maksimal. Salah satunya pendisiplinan penerapan prorokol kesehatan dan program vaksinasi. Intinya, kita mau kasus Covid 19 di Pelalawan dapat segera turun, biar masyarakat dapat lagi beraktivitas dengan normal," tegas Ketua Satgas Covid 19 ini.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan, Asril menjelaskan, kondisi Covid 19 dan program vaksinasi yang sedang dijalankan. Saat ini, tercatat total kasus Covid 19 di Pelalawan sebanyak 1.435 orang. Dari jumlah tersebut, 1.268 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh atau negatif terkonfirmasi virus Corona.

"Total 131 pasien terkonfirmasi masih menjalani perawatan. Rinciannya, 37 pasien menjalani isolasi mandiri dan 94 orang dirawat di tiga rumah sakit Kecamatan Pangkalan Kerinci, meliputi RSUD Selasih, RS Efarina dan RS Amelia Medika. Pesien positif terjangkit virus corona yang meninggal dunia, terdata sebanyak 36 orang," ulad Asril.

Mantan Sekretaris Dinas Kesehatan Pelalawan ini menambahkan, pihaknya telah melakukan upaya maksimal untuk menekan laju penyebaran virus Corona di Negeri Amanah ini. Baik operasi pendisiplinan penerapan protokol kesehatan terhadap warga, penyemprotan disinfektan hingga pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro didaerah Zona merah dengan mendirikan posko yang dijaga ketat tim Satgas Covid 19 Pelalawan dan Kecamatan.

"Selain itu, kami masih melaksanakan program vaksinasi Covid 19. Dimana untuk tahap pertama, telah dilaksanakan khusus untuk Tenaga Kesehatan (Nakes) yang telah tuntas disuntik vaksin. Sedangkan tahap kedua bagi petugas pelayanan publik, saat ini tengah memasuki penyuntikan dosis kedua," ujar Asril seraya menyebutkan pihaknya masih menunggu bantuan dosis vaksin bagi masyarakat umum dari Pemerintah Pusat lewat Provinsi Riau.

Selepas mendengar penyampaian penanganan dan penanggulangan Covid 19 dari Dinas Kesehatan selaku leading sektor tim Satgas, Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan melanjutkan rapat pembahasan orientasi RPJMD.

Editor : Sahdan

Berita Terkait