Perkuat Lagi Penggunaan Desain dan Teknologi

  • Reporter:
  • 03 Desember 2019, 17:14:54 WIB
  • Ekonomi

Jakarta, katakabar.com - Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA), Gati Wibawaningsih lewat siaran pers di lansir dari Situs resmi Kemenperin RI, di pembukaan Pameran Nuansa Tanpa Batas di Jakarta kemarin mengatakan, kalau sudah digenjot kreativitas dan inovasinya, perlu dikuatkan penggunaan desain dan pemanfaatan teknologi. Percayalah, kalau potensi besar ini terus dikelola dan dikembangkan berdasarkan permintaan pasar bakal mampu menghasilkan manfaat bagi ekonomi yang sangat besar".

Menurut Gati, pemanfaatan teknologi dinilai dapat menciptakan inovasi produk serta meningkatkan produktivitas secara lebih efisien, tanpa meninggalkan ciri khas kearifan lokal Nusantara. 

Dicontohkannya, mulai memanfaatkan e-commerce dalam meningkatkan akses pasar di era ekonomi digital saat ini, ujarnya.

Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam mewujudkan harapan besar dari arah peta jalan Making Indonesia 4.0, yang menargetkan Indonesia masuk dalam jajaran 10 negara maju dengan perekonomian terkuat di dunia pada 2030 mendatang.

Dilanjutkannya, di sektor fesyen muslim targetnya, Indonesia bakal menjadi pusat fesyen muslim di dunia. Pada 2020 nanti, bakal membuat pameran yang cukup besar bernama Indonesia Industrial Moslem Exhibition (ii-motion). Untuk mendukung sektor ini, kami berharap IPEMI bisa ikut berpartisipasi, ajaknya.

Sebagai bentuk apresiasi atas peran penting dan prestasi perempuan, dalam rangkaian Pameran Nuansa Tanpa Batas, IPEMI memberikan anugerah Penghargaan Perempuan Inspirasi Indonesia sekaligus meluncurkan buku Perempuan Inspirasi Indonesia 2019.

Penghargaan itu diberikan kepada 86 perempuan hebat di Indonesia yang dinilai sukses sebagai teladan seorang ibu dalam membina rumah tangga sekaligus berhasil mencatatkan prestasi di berbagai bidang dan bahkan berkontribusi dalam pembangunan nasional. 

Ada pun ke 86 tokoh penerima penghargaan ini terdiri dari berbagai kalangan mulai dari pemimpin daerah, entrepreneur, politisi, seniman, budayawan, public figure hingga aktifis pemberdayaan perempuan di tanah air.

Ketua Umum IPEMI, Ingrid Kansil mengatakan, anugerah penghargan Perempuan Inspirasi Indonesia ini diselenggarakan sebagai upaya partisiptif dari IPEMI atas peran multitasking perempuan Indonesia yang mampu berkontribusi dan menoreh prestasi namun disaat bersamaan tak melupakan kodratnya dalam mengurus keluarga, melahirkan dan membesarkan generasi-generasi penerus terbaik bangsa Indonesia kedepan.

“Sepanjang sejarah, Indonesia sudah melahirkan perempuan-perempuan hebat yang punya andil besar dalam membangun bangsa ini. Mereka adalah Tiang Bangsa dan Tak ada satupun masa berlalu tanpa kehadiran dan kiprah perempuan pejuang", sebutnya.

 

Editor : Sahdan

Berita Terkait