Pertamina Turunkan BBM, Inilah Harganya Sekarang

Pekanbaru, katakabar.com - Mulai hari ini, Minggu (5/1), PT. Pertamina kembali melakukan penyesuaian terhadap harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Penyesuaian harga ini berupa penurunan harga untuk BBM umum jenis bensin dan solar.

Dilansir dari Liputan6.com, Unit Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III, Dewi Sri Utami, penyesuaian harga BBM ini diharapkan dapat meningkatkan loyalitas masyarakat Indonesia untuk terus memakai produk Pertamina.

"Kami telah berkoordinasi dengan instansi terkait dan memastikan pelayanan kepada masyarakat terus berjalan dengan baik," ujar Dewi lewat siaran pers Pertamina.

Penyesuaian Harga BBM Jenis Umum

Penyesuaian harga yang dilakukan Pertamina ini merupakan hasil implementasi Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 187K/10/MEM/2019, yang mulai diberlakukan mulai Minggu (5/1).

 /></p>
<p style=2020 Istimewa

Kepmen tersebut berisi tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

Perubahan harga produk Pertamina ini berlaku untuk beberapa jenis produk, di antaranya Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex, dan Solar Non PSO, serta Kerosene Non PSO.

Penurunan Harga BBM

Perubahan harga produk BBM di setiap daerah berbeda-beda. Untuk wilayah DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat, penurunan harga berkisar antara Rp300 hingga Rp1.500.

Harga Pertamax yang mulanya Rp9.850 diturunkan sebesar Rp650 menjadi Rp9.200, begitu pula dengan harga produk BBM umum jenis bensin dan solar lainnya. Sedangkan untuk Pertalite, harga tetap berada di angka Rp7.650.

Menurut penuturan Dewi, perbedaan penyesuaian harga di satu daerah dengan daerah lain dikarenakan adanya pemberlakuan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB).

Daftar Harga BBM di Pulau Sumatra, Jawa dan Bali

Harga terbaru BBM di tahun 2020 tak di Sumatra tak jauh berbeda dengan DKI Jakarta dan sekitarnya. Rata-rata penurunan berkisar dari Rp300 hingga Rp1.500.

Harga produk Pertamax berkisar dari Rp9.200 hingga Rp9.600 per liter. Sedangkan Pertamax Dex berada di angka Rp10.200 hingga Rp10.700. Daftar lengkapnya bisa dilihat di tabel berikut ini:
 /></p>
<p style=2020 Pertamina


Sedangkan di Pulau Jawa dan Bali juga tak jauh beda.
 /></p>
<p style=2020 Pertamina

 

Daftar Harga BBM di Pulau Kalimantan, Sulawesi, NT dan Papua

Penyesuaian harga BBM umum jenis bensin dan solar di seluruh wilayah Indonesia tidak berbeda jauh. Di Pulau Kalimantan dan Nusa Tenggara, hampir sama dengan harga BBM di Pulau Sumatra dan Jawa. Berikut daftar lengkapnya:
 /></p>
<p style=2020 Pertamina

Sedikit berbeda dengan wilayah lain, di Maluku dan Papua, belum tersedia produk Pertamax Turbo dan Pertamax Dex. Sedangkan untuk harga produk lain, hanya selisih beberapa ratus rupiah dari harga di pulau lain.

 /></p>
<p style=2020 Pertamina

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait