Pesawat Batik Air untuk Evakuasi 245 WNI Tiba di Bandara Wuhan

Pekanbaru, katakabar.com - Pesawat Batik Air A330 yang digunakan untuk menjemput 245 Warga Negara Indonesia (WNI) telah tiba di Bandara Tianhe, Wuhan, China. Pesawat untuk mengevakuasi WNI yang terjebak di Wuhan akibat wabah virus corona itu tiba di Bandara pukul 19.00 Waktu setempat.

"Pesawat sudah mendarat di Tianhe, Wuhan pukul 19.00 waktu setempat," kata Corporate Secretary Lion Group Danang Mandala Prihantoro saat dikonfirmasi, Sabtu (1/2).

Pesawat itu sebelumnya lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang Banten pada pukul 13.00 WIB. Mandala memastikan bahwa penerbangan menuju Wuhan berjalan lancar.

"Terbang non-stop tanpa henti atau tanpa transit. Sesuai jadwal kedatangan," jelasnya.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memastikan bahwa semua WNI yang dijemput berada dalam keadaan sehat dan sudah melewati masa screening dan clearing di Wuhan. Hal serupa juga diungkapkan oleh Menkes Terawan.

"Yang dibawa pulang semua WNI dalam keadaan sehat. Benar kata Bu Menlu, semua WNI sudah di screeningdanclearing," ujar Terawan di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Sabtu (1/2/2020).

Namun, pemantauan secara intens akan tetap dilakukan terhadap WNI dan tim evakuasi. Termasuk pada saat transit yang akan diberlakukan transit observasi.

Sesampainya di Indonesia, WNI yang baru datang dari Wuhan akan diproses untuk dikarantina terlebih dahulu di Rumah Sakit Umum Lapangan Natuna selama 14 hari. Merdeka

 

Editor : Sany Panjaitan

Berita Terkait