Petir Sambar Balita, Tubuhnya Ditanam

Langkat, katakabar. com - Riski Kanan warga Dusun Percihen Pasar, Desa Tanjung Gunung, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, selamat usai disambar petir. Meski masih terlihat lemas, namun berangsur-angsur kondisi bocah berusia 5 tahun ini terlihat mulai pulih. 

"Kondisi Riski Kanan sudah agak membaik, tapi belum pulih kali, masih terlihat lemas dan mata silauw ketika melihat matahari," kata Kepala Desa (Kades) Tanjung Gunung Mejuah Juah, melalui pesan WahatsApp, Rabu (5/10/2022) siang. 

Sejauh ini, jelas dia, pihak desa akan terus memantau kondisi dan perkebangan kesehatan Riski. Jika nantinya dibutuhkan untuk dibawa ke rumah sakit guna memeriksa kesehatan lebih lanjut. Pihak desa akan berusaha sebaik mungkin untuk memfasilitasi anak dari Nani Beru Sembiring. 

"Kita terus melakukan pemantauan perkembangan kesehatan Riski. Tadi juga kita selaku pernagkat desa sudah memantau perkembangan kesehatan Riski," papar dia.  

Sebelum tersambar petir Riski Kanan, diketahui sedang mandi hujan didekat rumah pada Selasa tanggal 4 Oktober 2022 sekitar pukul 15.30 WIB. Beberapa menit menikmati guyuran air hujan, petir menyambar tubuh bocah naas tersebut dan membuatnya seketika jatuh.

"Awalnya itu sedang mandi hujan di dekat rumah, tak beberapa lama petir menyambar dan dia (Riski) langsung jatuh tergeletak," kata Surbakti, salah satu warga disana. 
 
Setelah jatuh tergeletak, beberapa warga yang menyaksikan lantas mengangkatnya dan mengorek lobang untuk selanjutnya tubuh ditanam ke tanah. Selain itu, tubuhnya juga dibalut dengan daun pisang. "Ditanam tanah pak biar gak terjadi hal-hal yang," jelas Surbakti. 

Surbakti juga mengakui, jika pertolongan pertama dengan menanam tubuh korban dan membalut daun pisang. Merupakan cara 'Suku Karo' untuk mengobati jika ada seseorang tersambar petir. 

"Saat ditanam, juga diletakkan daun pisang di atas kepalanya Pak, itulah yang kami lakukan dan sekarang sudah siuman dan pulih kembali," tegas Surbakti.

Editor : Dedi

Berita Terkait