Pilkada Bengkalis 2020 Mesti Jelas dan Bersih

Bengkalis, katakabar.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bengkalis tahun 2020 terhitung dari sekarang sekitar lima bulan lagi, sebab berdasarkan jadwal yang sudah disepakati stakeholder bakal dihelat pada 9 Desember 2020 mendatang.

Untuk pendaftaran bakal Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis tinggal sebulan lagi. Pendaftaran baru dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 4 September hingga 6 September 2020 nanti.

Menyikapi makin dekatnya pendaftaran bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis di Pilkada serentak 2020 ini. Praktisi hukum, Hj Elidanetti SH MH menekankan kepada pemangku kepentingan, Pilkada Bengkalis 2020 harus jelas dan bersih (clear and clean).

"Kalau mau melahirkan bakal calon pemimpin sesuai harapan publik di Negeri Junjungan nama lain dari Kabupaten Bengkalis. Para bakal calon kandidat mesti jelas dan bersih dari ragam persoalan masa lalu," tegas Hj Elida kepada katakabar.com di kantornya di bilangan Jalan Hang Tuah, pada Senin (2/7) siang.

Kata Elida, untuk itu diminta kepada semua partai untuk mempertimbangkan dukungan terhadap semua bakal kandidat yang terkait dengan persoalan persoalan yang bakal membuntutinya kelak.

Hal itu bertujuan agar Pilkada tahun 2020 ini tidak seperti Pilkada 2015 silam, salah satu calon Bupati jadi tersangka. Celakanya, selepas Pilkada Kabupaten Bengkalis yang bersangkutan masuk hotel prodeo.

Pengurus inti DPW Puan PAN Riau menyeru, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bengkalis diminta untuk mempertimbangkan bakal kandidat yang mau mendaftar.

PKPU mesti clear dan clean. Eloknya dimasukkan dalam syarat dan persyaratan, bila masih ada sangkutan dengan KPK RI, agar tidak mencalon dulu.

Bicara soal bersih, kita sebagai manusia tidak luput dari kesalahan dan dosa. Masalahnya, kita memilih calon pemimpin di Kabupaten Bengkalis untuk lima tahun ke depan.

Untuk mewujudkan clear dan clean Pilkada tahun 2020 ini, mesti mulai dari hulunya. Semua partai hendaknya mempertimbangkan para Paslon Bupati dan Wakil Bupati yang mau maju pada pesta demokrasi kali ini.

Begitu dengan KPU Kabupaten Bengkalis, lebih bertaji dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, lakukan filter terhadap para bakal Paslon Bupati dan Wakil Bupati yang terbebani masa lalu, tegasnya lagi.

Sekedar diketahui, sudah dua pasang bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bengkalis terang terangan tampil di khalayak.

Meski dua pasang masih status baru bakal Paslon, mendaftar pun belum tapi sudah menggelar pertemuan pertemuan dengan masyarakat sebagai calon pemilih di pesta demokrasi lima tahunan Pilkada Kabupaten Bengkalis 2020.

Editor : Sahdan

Berita Terkait